Senin, 30 Desember 2013

6 Gunung Untuk Pendaki Pemula

Mendaki gunung termasuk liburan outdoor yang ekstrem bagi beberapa traveler. Namun jangan khawatir, ada beberapa gunung yang cocok untuk pendaki pemula.


Ada beberapa gunung yang tidak terlalu tinggi. Ditambah jalur pendakian yang landai dan adanya arena outbound keluarga, membuat gunung-gunung ini relatif aman untuk traveler yang baru mau mencoba mendaki. Disusun detikTravel, Kamis (12/9/2013) berikut 5 gunung yang nyaman untuk didaki para pemula:

1. Gunung Papandayan
Dengan ketinggian 2.665 mdpl, Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki trek yang cenderung landai. Traveler bisa mendirikan tenda di Pondok Salada dan Tegal Alun. Pondok Salada berupa tanah lapang dan padang edelweis yang luas.

Dari sini, Anda bisa melihat langsung Hutan Mati yang dipenuhi pohon-pohon mati tanpa daun. Tegal Alun mirip Alun-alun Suryakencana di Gunung Gede, tanah luas yang dipenuhi bunga edelweiss saat musim hujan. Untuk mencapai Pondok Salada, traveler hanya perlu trekking selama sekitar 2 jam, lalu 3 jam hingga Tegal Alun.

2. Gunung Putri
Berkemah di Gunung Putri di Cihideung, Bandung cocok bagi pemula atau traveler yang ingin melepas penat menikmati panorama alam yang hijau. Jika ingin merasakan alam liar yang sebenarnya, Anda dapat berjalan lebih jauh sekitar 3 km ke arah gunung.



Saat trekking ke Gunung Putri, traveler akan disuguhkan pemandangan hamparan luas perkebunan teh, lalu melalui beberapa jurang, tebing, dan curug yang masih asri. Jangan lupa membawa makanan yang praktis dimasak, serta jaket karena cuacanya cukup dingin.

3. Gunung Gede-Pangrango
Taman Nasional Gunung Gede Pangrango membentang di 3 wilayah: Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Inilah gunung favorit para pendaki saat akhir pekan. Gunung ini cocok bagi pemula. Meski demikian, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango masih sangat terjaga keasliannya.

Pengelola setempat melarang pendaki meninggalkan sampah saat naik ke dua gunung ini. Kelengkapan alat pendakian juga akan di cek petugas sebelum Anda mulai mendaki. Hamparan padang edelweiss di Alun-alun Suryakencana dan Alun-alun Mandalawangi sangat memanjakan mata!

4. Gunung Ijen
Gunung Ijen di Banyuwangi yang terkenal dengan kawah yang memesona. Bagi pemula, gunung ini patut coba didaki karena cukup menantang dengan kemiringan 60 derajat pada dinding kawahnya. Puncak Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl.

Jangan lupa siapkan stamina dan kamera untuk memotret keindahan Kawah Ijen. Ada baiknya bila traveler tidak memakai sendal jepit selama berjalan di Kawah Ijen. Utamakan keselamatan! Dari dekat, traveler dapat melihat kawah dengan asap belerang yang mengepul.



5. Gunung Bunder

Gunung Bunder berada di Bogor, Jawa Barat. Ketinggiannya antara 750-1.050 mdpl. Kawasan ini terkenal oleh banyaknya curug (air terjun) yang dekat dengan jalan raya, sehingga mudah dijangkau. Wisatawan bisa mendirikan tenda di Bumi Perkemahan Gunung Bunder. Di sini ada fasilitas outbound yang bisa diikuti oleh Anda dan keluarga.

Untuk mencapai Gunung Bunder, traveler bisa bertolak dari Kota Bogor menuju ke arah Institut Pertanian Bogor (IPB) kampus Dramaga. Lalu perjalanan dilanjutkan ke arah Ciampea, Cibungbulang, kemudian sampailah Anda di Gunung Bunder.

6. Gunung Api Purba

Gunung Api Purba di Yogyakarta atau dikenal dengan Gunung Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta memiliki medan yang tidak terlalu berat dan terjal. Di sinilah traveler mendaki dan melihat cantiknya Kota Gudeg dari ketinggian.

Trek yang mudah dilalui membuat gunung ini aman bagi pendaki pemula. Meski begitu, Anda harus berhati-hati saat melangkah di bebatuan besar. Jarak tempuh dari pos keamanan sampai puncak gunung kurang lebih 1,5 jam. Selain itu, terdapat 5 Pos untuk traveler beristirahat selama perjalanan dari kaki gunung sampai puncak.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.