Selasa, 17 Desember 2013

Mau Bikin Roast Beef yang Empuk Juicy?

Selain steak, salah satu hidangan yang tidak kalah populer adalah Roast Beef. Hidangan asal Inggris ini biasanya disajikan bersama yorkshire pudding dan brown sauce. Membuatnya juga tak sulit, ikuti tips yang diberikan oleh seorang chef ini.


Berupa potongan daging yang tebal, gairng luarnya, lembut juicy bagian dalamnya. Disajikan di saat istimewa seperti Natal dan tahun baru. Chef Stefu Santoso, memberikan langkah-langkap praktis untuk membuatnya berikut ini.


1. Pemilihan daging
Pilihlah daging sapi bagian sirloin, rib eye, dan prime rib (rib eye yang masih ada tulang). Beda daging, berbeda pula penangannya.

2. Bumbu
Umumnya, roast beef dilumuri dengan garam, lada, dan mustard. Tapi, untuk rasa dan aroma lebih lezat Anda bisa menambahkan dry rub seperti thyme, rosemary, dan rempah lainnya.

3. Pan Seared
Jika daging yang akan dimasak mempunyai ukuran cukup besar lebih baik masak di dalam wajan tebal dengan teknik pan seared hingga permukaannya kecokelatan dan agak kering. Ini untuk menjaga agar jus daging tidak keluar. 

4. Panggang
“Combi oven biasanya ada kipas sehingga panasnya merata, sementara conventional oven biasanya api berasal dari bawah karena itu harus disiasati peletakannya karena rak bawah bagian dalam mempunyai suhu paling panas,” tutur Chef Stefu. Suhu 160-180 derajat celcius menjadi patokan pas untuk memasak roast beef selama beberapa jam.

5. Resting dan potong
Setelah selesai dioven, proses resting atau istirahat sangat penting. Bungkus daging dengan alumunium foil dan biarkan dalam suhu ruangan untuk panas lebih merata dan daging matang secara sempurna. Setelah beberapa lama, potong daging tipis-tipis. Sajikan dengan brown sauce, mashed potatoes dan setup sayuran.


Sumber: Detik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.