Senin, 30 Desember 2013

5 Cara Agar Barang Berharga Aman Saat Traveling

Tiap traveler harus selalu berhati-hati saat traveling, terutama urusan barang berharga. Meski lebih baik disimpan di rumah, berikut 5 cara menyimpan barang berharga jika Anda bawa saat bepergian.


Ada baiknya saat bepergian, barang berharga disimpan saja di rumah. Namun jika Anda memutuskan untuk membawa barang berharga saat traveling, ada beberapa cara agar barang tersebut aman.

Mengutip All Women Stalk, Senin (30/12/2013), berikut 5 cara agar barang berharga aman saat traveling:


 1. Simpan dalam safety box

Hampir semua kamar hotel punya safety box, dengan kode penyimpanan yang Anda buat sendiri. Daripada membawa barang berharga ke manapun Anda pergi, lebih baik simpan barang tersebut di safety box.

Kemungkinan-kemungkinan buruk memang masih ada, petugas hotel yang tidak jujur misalnya. Tapi safety box adalah tempat aman untuk menyimpan barang, karena Anda sendiri yang bisa membukanya.


 2. Hanya bawa barang yang dibutuhkan

Untuk apa membawa barang berharga yang tak Anda pakai? Sebagai contoh, perhiasan. Traveler wanita boleh saja membawa perhiasan mahal, namun jangan sampai Anda membawa seluruh kotak perhiasan.

Bawalah beberapa perhiasan yang hanya akan Anda pakai. Begitu pun dengan gadget, cobalah hanya membawa yang benar-benar Anda butuhkan. Lebih baik membawa smartphone dan tablet dibanding membawa smartphone, tablet, dan laptop sekaligus.


 3. Uang secukupnya

Tak baik membawa terlalu banyak uang tunai saat traveling. Bawalah uang secukupnya, selebihnya Anda bisa menggunakan kartu kredit atau mengambil uang di ATM.

Namun bila Anda tak punya kartu kredit dan telah menukar seluruh bujet traveling, simpanlah uang tersebut di safety box kamar hotel. Saat jalan-jalan, tetaplah membawa uang secukupnya.


 4. Perhatikan baik-baik tas Anda

Jangan sampai sedikit pun lepas pandangan dari tas Anda. Kalau membawa ransel, pindahkan ransel ke bagian depan badan saat berada di tempat ramai dan padat.

Saat berada di terminal bus, stasiun kereta atau bandara, jangan sampai pandangan terlepas dari tas Anda. Begitu pun saat di restoran, kafe, dan tempat umum lainnya.


 5. Hati-hati di media sosial

Kelihatannya sah-sah saja mengumumkan agenda liburan lewat media sosial seperti Twitter, Facebook, dan Path. Tapi tahukah Anda, hal itu bisa saja memicu kriminalitas jika dibaca oleh orang yang salah.

Saat liburan, apalagi bersama keluarga, besar kemungkinan rumah Anda akan kosong. Inilah waktu yang tepat untuk pencuri membobol rumah dan menguras seisinya. Nyatanya ada saja kejadian seperti ini.

Maka, alangkah baiknya mem-posting segala hal tentang liburan usai Anda traveling.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.