Kamis, 19 Desember 2013

10 Akuarium Paling Keren di Dunia

Melihat ikan adalah pengalaman menarik saat liburan bareng keluarga. Ikan-ikan lucu di balik kaca bisa memikat anak dan orangtua. Nah, di dunia ini ada 10 akuarium paling keren untuk dikunjungi dalam liburan keluarga. 


Tak sekedar melihat-lihat, Anda pun dapat sekaligus memberi pengetahuan baru tentang aneka biota laut yang mulai langka di dunia. Mengintip conservationinstitute.org, Kamis (19/12/2013) berikut inilah 10 akuarium paling keren di dunia yang dirangkum detikTravel:


 1. Georgia Aquarium, AS

Traveler yang jalan-jalan ke Georgia Aquarium di Atlanta seperti mendapat suatu kehormatan besar. Sebab akuarium ini digadang-gadang sebagai akuarium terbesar di dunia berisi miliyaran spesies bawah laut yang mulai langka. Akuarium istimewa yang dibuka pada tahun 2005 ini punya beberapa spot yang wajib Anda jelajahi.

Terowongan akuarium ini terisi penuh air laut sebanyak 6,3 juta galon tangki. Seolah-olah Anda benar-benar berjalan di bawah laut langsung. Nah di sana juga menjadi rumah hiu dan paus langka. Aquarium Georgia tak hanya memamerkan spot-spot megah, tetapi Anda juga dapat belajar banyak hal tentang konservasi bawah laut di bumi ini.


 2. Dubai Mall Aquarium dan Discovery Centre, Dubai

Dubai nampaknya tak mengenal lelah untuk memamerkan segala kemewahan seperti Dubai Mall Aquarium yang bisa Anda kunjungi saat liburan akhir tahun ini bersama keluarga. Traveler akan melihat 85 spesies biota laut dan 33.000 jenis ikan. Hiu dan pari lah yang menjadi ikon akuarium menakjubkan ini.

Desain Dubai Mall Aquarium juga tak sembarangan dibuat. Bahan akuarium terbuat dari panel kaca akrilik dimana puluhan ribu spesies biota laut mondar-mandir di atas kepala Anda. Saking kerennya, akuarium yang terletak dalam komplek Dubai Mall memecahkan rekor Guinness Book of Records.


 3. The Deep Aquarium, Inggris

The Deep Aquarium sebagai gudangnya sekitar 3.500 biota laut ini menjadi terkenal di kalangan pelancong dunia. Ada juga tujuh spesies hiu yang berenang bebas di sana. Akuarium yang berisi 2,5 juta galon air laut ini dibangun tahun 2002.

Anda yang mengajak keluarga untuk melancong ke Inggris harus datang ke Kota Hull, Inggris. Saat sudah berada di sana untuk melihat kecantikan akuarium raksasa ini rasanya tak mau pulang. Akuarium ini didanai oleh pemerintah, maka itu akuarium ini pun berfungsi sebagai laboratorium penelitian kelautan di Inggris.


 4. L'Oceanografic, Spanyol

Saat singgah ke komplek taman hiburan, budaya dan arsitektur di City Of Arts and Sciences yang terletak di Valencia, Spanyol haruslah Anda mampir ke rumah ribuan biota laut bernama L’Oceanografic. Lebih dari 45.000 spesies hewan air laut hidup di dalam 1,85 juta liter air asin.

L'Oceanografic tepat berada pada salah satu ruang pameran gedung City Of Arts and Sciences. Tak hanya akuarium raksasa, saat pertama melihat semua area gedung ini pun bisa-bisa Anda akan tak akan berkedip. Biota laut yang abadi menghiasi akuarium terbesar se-Eropa ini juga terus beratraksi menghibur pengunjung yang datang.


 5. Turkuazoo, Turki

Selain Dubai, Turki juga punya akuarium keren yang ditinggali 10.000 jenis hewan laut termasuk ikan piranha, hiu tutul dan ikan pari manta sejak 4 tahun lalu. Wahana akuarium ini pun menyajikan suasana laut tropis, hutan hujan dan hutan basah.

Anda yang ingin merapat ke Turkuazoo tinggal datang ke Forum Instanbul Shopping Mall. Tak perlu ragu, Anda yang hendak mengajak anak-anak liburan ke Turki langsung saja ajak ke sana untuk belajar mengenal dunia hewan laut yang hidup di dalam 1,32 juta liter air laut.


 6. Monterey Bay Aquarium, AS

Berlokasi di Monterey Bay, California, AS Anda dapat menyapa aneka makhluk laut yang jumlahnya lebih dari 35.000 lewat dinding kaca meliputi 632 spesies. Siapa sangka aneka makhluk itu betah hidup di dalam 1,2 juta liter air laut selama 29 tahun lamanya.

Traveler pasti puas berada di sana sebab tahu langsung hewan-hewan seperti ikan pari, berang-berang laut, tuna sirip biru, hiu martil, ubur-ubur, paus yang hidup menyatu. Ditambah lagi dengan pohon-pohon air turut menghiasi akuarium ini. Traveler yang ke sana bisa datang setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat.


 7. National Aquarium, AS

Masih di AS, National Aquarium yang berdiri di Kota Baltimore, Maryland, AS ini ternyata bisa menarik perhatian lebih dari 1,5 juta wisatawan. Mereka yang berkunjung pasti penasaran ingin menengok habitat akuarium keren ini.

Sejak tahun 1981, akuarium megah ini dihuni 16.500 mahkluk bawah air laut yang macam-macam spesiesnya. Bedanya dengan akuarium yang lain, wisatawan menyaksikan biota laut yang hidup bebas itu di kolam terbuka. Nah, lebih segar lagi akuarium ini telah beratapkan hutan hujan yang selalu disukai traveler.


 8. The Aquadom, Jerman

Wow! Mungkin itu kata yang pertama yang Anda ucap saat pertama melihat keunikan The Aquadom. Akuarium ini mungkin memang bukanlah akuarium terbesar, melainkan ini akuarium terunik. Akuarium yang berada dalam atrium Hotel Radisson, Berlin, Jerman ini bentuknya silinder yang diisi 1 juta liter tangki galon air laut yang biru bening.

The Aquadom berukuran dengan panjang 25 meter dan berdiameter 11 meter. Lebih dari 2.600 aneka biota laut tinggal di dalam akuarium silinder ini. Banyak pula sudut yang berpemandangan bagus saat Anda melihat kehidupan biota laut tersebut.


 9. The Okinawa Churaumi Aquarium, Jepang

Negeri Ramen Jepang juga punya akuarium raksasa yang menjadi kebanggaan penduduk bermata sipit. Akuarium tersebut punya ikon habitat hiu yang sudah hidup sejak tahun 2002. Lebih dari 2 juta liter tangki galon air asin memenuhi area akuarium.

The Okinawa Churaumi Aquarium juga tak kalah memikat dari akuarium raksasa lain. Jadi bila Anda kebetulan jalan-jalan ke Okinawa, Jepang tengoklah akuarium raksasa ini agar lebih afdol dan bisa membawa pulang cerita seru selama berada di sana.


 10.Shanghai Ocean Aquarium, China
Selain cocok sebagai wisata belanja, China juga memamerkan akuarium keren yang meruapakan akuarium terbesar se-Asia. Banyak juga koleksi hewan bawah laut yang langka di dalam akuarium. Nah, bagusnya lagi Shanghai Ocean Aquarium disebut-sebut punya terowongan bawah laut paling panjang sekitar 155 meter sejagat.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.