Jepang adalah negara dengan berbagai
keunikan tersendiri. Sebagai negara maju dibidang ekonomi, kota-kota
besar di Jepang adalah pusat bisnis dunia yang seolah tidak pernah
tidur. Salah satu ciri khas unik kota-kota besar di Jepang adalah
gemerlapnya lampu-lampu papan iklan neon yang berwarna-warni, menerangi
jantung kota dengan berbagai macam aktivitas penduduknya di malam hari.
Darimana semuanya ini bermulai? Papan
iklan neon dipasang di tempat publik pertama kali pada tahun 1926 di
Tokyo Hibiya Park. Segera setelah itu, para pengusaha melihat peluang
untuk tetap dapat menampilkan iklan produk-produk mereka pada malam hati
dengan lampu neon.
Suasana di Tokyo, Ginza pada tahun 1960:
Pada bulan Desember 1957, papan iklan
neon raksasa dengan tinggi hampir 11 meter di tengah kota Ginza dipasang
dengan menampilkan tulisan “SONY”. Setiap huruf yang melekat di papan
beratnya sekitar 264 kg! Peristiwa ini menandai awal penggunaan papan
iklan neon di jalanan kota-kota besar Jepang.
Saat ini papan iklan neon dengan
berbagai ukuran dapat dijumpai disetiap kota-kota besar Jepang seperti
di Tokyo, Hokkaido dan Osaka – menampilkan berbagai tawaran, serasa
berada di dalam hutan iklan yang dipenuhi papan-papan dengan gemerlap
cahaya warna-warni.
Tokyo - Shinjuku & Ginza
Shinjuku adalah pusat perniagaan dan pemerintahan, sekaligus lokasi salah satu stasiun pergantian (interchange)
transportasi umum terbesar di Tokyo, Stasiun Shinjuku. Shinjuku adalah
tempat di mana Kantor Pemerintah Metropolitan Tokyo, gedung tertinggi di
Tokyo, berada. Shinjuku dapat dibilang adalah ibukotanya Tokyo. Selain
itu terdapat department store, bioskop, hotel dan bar.
Suasana distrik Shinjuku pada siang hari, berbagai macam baliho, spanduk, billboard menawarkan berbagai macam produk.
Photograph by Udaho on Flickr
Photograph by tinou bao on Flickr
Photograph by FredrikN on Flickr
Photograph by SBA73 on Flickr
Photograph by Bernard Languiller on Flickr
Photograph by Clearnegative on Flickr
Photograph by Sue DC on Flickr
Photograph via Reddit
Ginza
Kawasan ini dikenal sebagai kawasan
mewah di Tokyo. Di tempat ini terdapat berbagai toko serba ada, butik,
restoran dan kafe. Ginza dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan
paling mewah di dunia. Toko-toko utama dari merek busana elite berada di
sini, Chanel, Dior, Abercrombie & Fitch, Gucci, dan Louis Vuitton.
Di sini juga terdapat ruang pamer Sony dan Apple Store Ginza.
Hancur oleh pemboman saat perang dunia
ke II, perekonomian Ginza mulai bangkit kembali dengan ditandai
munculnya papan iklan neon yang berwarna-warni.
Photograph by Aretemu on Flickr
Photograph by Ikusuki on Flickr
Photograph by ect_photo on Flickr
Photograph by jamesjustin on Flickr
Di Ginza masih banyak bangunan bersejarah yang tetap bertahan,
beberapa diantaranya digunakan kembali sebagai toko, berpadu dengan
warna-warni cahaya yang lembut:
Photograph by Jordy Theiller on Wikimedia Commons
Photograph by Udaho on Flickr
Hokkaido - Sapporo
Bahkan, di Jepang bagian utara yaitu
pulau Hokkaido, suasana unik papan neon ini masih terasa.
Kawasan hiburan Susukino di distrik Sapporo termasuk salah satu yang
paling terkenal di Jepang - memiliki pemandangan papan iklan neon dengan
warna-warna yang khas. Kota ini terkenal dengan ramen Sapporo rasa miso
dan merek bir Sapporo.
Photograph by clickfarmer on Flickr
Photograph by Daz77 on Flickr
Osaka – Namba & Shinsaibashi
Beralih ke Osaka, kota terbesar kedua di
Jepang dan rival abadi kota Tokyo, gemerlap cahaya papan neon
berwarna-warni juga menghiasai kota ini. Daerah Namba dan Shinsaibashi
merupakan daerah dengan toko-toko dan restoran yang paling ramai
dikunjungi wisatawan di akhir pekan dan hari libur. Di sekitar jembatan
Dotombori bisa disaksikan papan neon raksasa yang paling terkenal:
restoran berbentuk kepiting raksasa, ikan buntal raksasa dan papan iklan
neon perusahaan permen Glico.
Photograph by JKT-c on Wikimedia Commons
Photograph by crosman on Flickr
Photograph by theJURG on Flickr
Gemerlap kota-kota besar telah menjadi
ciri khas unik di Jepang yang dapat membuat kagum setiap orang yang
pernah mengunjunginya. Suasana yang khas menjadi pengalaman yang unik
bagi pelajar, wisatawan dan pekerja yang pernah berada di kota-kota
“gemerlap” ini.
Sumber: MobGenic
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.