Sabtu, 07 Desember 2013

Anak Terlalu Aktif dan Tak Bisa Diam? Ini Cara Sederhana Mengatasinya



Memiliki anak yang cenderung sangat aktif hingga tak bisa diam baik di rumah maupun di sekolah, pasti menjadi hal yang memusingkan sekaligus menjengkelkan bagi orang tua. Jika anak cenderung tak bisa diam, memang cara untuk mengatasinya adalah dengan lebih mengontrol mereka.

Menurut para ahli, anak yang cenderung tak bisa diam bisa jadi karena ada gangguan di sistem sarafnya atau justru akibat masalah di rumah. Nah, selain meminta bantuan dokter anak, ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol anak-anak yang tak bisa diam, seperti dikutip dari Boldsky, Sabtu (7/12/2013):

1. Beri kasih sayang lebih
Ketika anak mulai tak bisa diatur, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menunjukkan seberapa besar rasa cinta Anda kepadanya dan ketika mereka mulai tidak mood, beri mereka pelukan yang hangat. Dengan begitu, mereka akan tahu bahwa Anda benar-benar mencintainya dan akan sedih jika mereka melakukan sesuatu yang tak menyenangkan.

2. Dengarkan mereka
Dengarkan apa yang dibicarakan anak ketika mereka sedang tidak bisa diam karena itu bisa jadi isi hati mereka selama ini. Tunggu mereka tenang dan mulai ajak bicara pelan-pelan.

3. Alihkan perhatian mereka
Untuk mengalihkan perhatiannya, Anda bisa mencarikan anak-anak 'teman' baru misalnya anak sahabat, mainan baru, hewan peliharaan atau lebih baik jika Anda sendiri yang bisa jadi teman bagi mereka. Alihkan juga perhatiannya dengan memberinya berbagai kegiatan.

4. Jangan dimarahi ketika mendiamkan mereka
Anak yang hiperaktif ketika dimarahi bisa makin 'menjadi'. Oleh sebab itu, sebaiknya ajak mereka bicara pelan-pelan, setelah kondisi terkendali barulah bicara dengan anak dari hati ke hati.

5. Ajari mereka
Untuk mengajari anak-anak, tak bisa hanya sekali dua kali melakukannya. Sebaiknya, ajari kesabaran dan kasih sayang pada anak yang terlalu aktif dengan menambah family time. Sehingga, Anda juga bisa lebih dekat dengan anak dan mengenal apa penyebab mereka tidak bisa diam.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.