Minggu, 01 Desember 2013

15 Khasiat Hebat Apel



Pepatah kuno 'an apple a day keeps the doctor away' memang benar adanya. Buah populer ini kaya manfaat kesehatan, mulai dari membantu penurunan berat badan sampai mencegah pembentukan batu ginjal.

Untuk mendapatkan manfaat optimalnya, konsumsilah apel dengan kulitnya. Namun, pastikan kulitnya dicuci sampai bersih untuk membuang pestisida atau belilah apel organik. Dikutip dari situs Best Health (01/12/2013), inilah manfaat apel untuk kesehatan.


1. Gigi putih dan sehat
Menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi ludah di mulut serta mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan kadar bakteri.

2. Mencegah Alzheimer
Studi pada tikus menunjukkan bahwa meminum jus apel dapat mencegah Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. Tikus tersebut memperlihatkan tingginya kadar neurotransmitter acetylcholine dan dapat melewati labirin dengan lebih baik daripada tikus yang menyantap makanan biasa, bukan yang ditambahi apel.

3. Mencegah Parkinson
Orang yang menyantap buah (seperti apel) dan makanan tinggi serat lainnya mendapat sejumlah perlindungan dari Parkinson, penyakit yang dicirikan dengan rusaknya sel-sel syaraf yang memroduksi dopamine di otak. Para ilmuwan menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan di dalamnya yang memerangi radikal bebas.

4. Mencegah kanker

Peneliti dari American Association for Cancer Research setuju bahwa konsumsi apel yang kaya flavonol dapat membantu mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23%. Selain itu, peneliti dari Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa, triterpenoid, pada kulit apel yang dapat memerangi pertumbuhan sel kanker di hati, usus besar, dan payudara.
Penelitian lain menunjukkan bahwa ekstrak apel utuh dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor pada kelenjar susu tikus. National Cancer Institute Amerika Serikat juga menyarankan asupan tinggi serat untuk menurunkan risiko kanker usus.


5. Menurunkan risiko diabetes
Wanita yang memakan sedikitnya satu buah apel sehari 28% lebih rendah risikonya mengalami diabetes tipe 2 dibanding mereka yang tak makan apel. Apel kaya akan serat larut yang membantu mengendalikan kadar insulin dengan melepas gula secara lambat di aliran darah.

6. Mengurangi kolesterol
Serat larut apel mengikat lemak di usus kecil, sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol.

7. Menyehatkan jantung
Tingginya asupan serat larut berkaitan dengan lambatnya penumpukan plak kolesterol di arteri. Zat fenol dalam kulit apel juga mencegah kolesterol mengeras di dinding arteri. Ketika plak tertimbun di arteri, aliran darah berkurang ke jantung, menyebabkan penyakit arteri koroner.

8. Mencegah batu empedu
Batu empedu terbentuk ketika terlalu banyak kolesterol di empedu yang tersisa sebagai cairan, sehingga jadi mengeras. Hal ini lazim terjadi pada penderita obesitas. Untuk mencegahnya, dokter menyarankan makanan tinggi serat seperti apel untuk membantu mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol.

9. Mengatasi diare dan konstipasi
Feses encer atau justru sulit buang air besar? Serat dalam apel dapat mengatasi kedua masalah tersebut. Zat ini dapat menarik air dari usus agar buang air besar lancar atau menyerap kelebihan air dari kotoran untuk memperlambat gerak usus.

10. Menetralisir sindrom iritasi usus besar
Sindrom iritasi usus besar dicirikan dengan konstipasi, diare, sakit perut, dan kembung. Untuk mengendalikan gejala-gejala tersebut, dokter menyarankan Anda menjauhi olahan susu dan makanan berlemak dan menambah asupan serat.

11. Mencegah hemorrhoid
Hemorrhoid adalah pembuluh vena yang membengkak di saluran anus sehingga terasa sangat sakit. Penyebabnya adalah karena terlalu banyak tekanan di area panggul dan dubur. Serat dapat mencegah Anda mengejan terlalu keras, sehingga dapat meringankan hemorrhoid.

12. Mengendalikan berat badan
Banyak masalah kesehatan dikaitkan dengan kelebihan berat badan. Di antaranya penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan gangguan pernapasan saat tidur. Untuk mengendalikan berat badan dan kesehatan secara menyeluruh, dokter menyarankan diet yang kaya serat. Makanan tinggi serat akan membuat Anda kenyang tanpa banyak kalori.

13. Mendetoksifikasi hati
Kita terus mengonsumsi racun, baik dari minuman maupun makanan. Organ hati bertanggung jawab membuang racun-racun ini dari tubuh. Salah satu makanan terbaik dan termudah untuk mendetoksifikasi hati adalah buah seperti apel.

14. Meningkatkan kekebalan tubuh
Apel merah mengandung antioksidan quercetin. Zat ini dapat membantu mendorong dan menguatkan sistem kekebalan tubuh, terutama ketika Anda sedang stres.

15. Mencegah katarak
Sebuah penelitian jangka panjang menyebutkan bahwa orang yang makanannnya kaya buah berantioksidan tinggi seperti apel berisiko 10-15% lebih rendah menderita katarak.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.