Selasa, 24 Desember 2013

5 Tanda Anda Sudah Sah ke Raja Ampat!


Bisa traveling ke Raja Ampat rasanya jadi impian banyak orang. Begitu sudah tiba di sana, liburan tentu tak lengkap kalau cuma diam di Waisai saja. Ini 5 tanda Anda sudah sah menginjakkan kaki di Raja Ampat.

Disusun detikTravel, Selasa (24/12/2013), ini 5 hal yang harus dicoba dan dilakukan setiap kali berlibur ke Raja Ampat:


 1. Memiliki pin Raja Ampat

Salah satu tanda yang paling khas dan menyatakan Anda sah telah keliling Raja Ampat adalah memiliki pin. Pin ini jadi salah satu syarat seorang turis bisa mengarungi lautan Raja Ampat. Tanpa pin, wisatawan tidak bisa berkunjung ke gugusan pulau di sana.

Untuk memiliki pin sakti ini, Anda diminta membayar Rp 250.000. Masa berlaku pin untuk satu tahun mulai 1 Januari-31 Desember pada tahun tersebut.


 2. Foto di Tugu Raja Ampat

Sama seperti tempat lainnya, Raja Ampat juga memiliki tugu. Tugu ini berada di tengah-tengah Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat.

Tugu Raja Ampat adalah salah satu spot yang selalu ramai dikunjungni turis. Buktinya, begitu tiba, kebanyakan wisatawan akan mengabadikan momen dengan berfoto tepat di depan tugu, sebagai tanda telah menginjakkan kaki di Raja Ampat.


 3. Mengunjungi gugusan pulau karang Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terdiri dari beberapa gugusan pulau karang. Beberapa yang terkenal adalah Pianemo dan Wayag. Hanya saja untuk mencapai Wayag, turis memerlukan waktu satu hari penuh. Untuk itu banyak yang lebih memilih datang ke Pianemo.

Tak jauh berbeda dengan Wayag, Pianemo juga menyuguhkan formasi gugusan pulau karang yang cantik. Dari ketinggian, Anda bisa melihat pulau-pulau tinggi dengan pepohonan hijau menghiasi. Tak heran, Pianemo juga disebut mini Wayag.


 4. Snorkeling dan diving
Raja Ampat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Untuk itu sayang sekali jika Anda datang tanpa mencicipi keindahan laut dengan cara snorkeling dan diving. Tak perlu menyelam terlampau dalam, ini karena Raja Ampat memiliki laut yang sangat jernih. Jadi, Anda sudah bisa melihat terumbu karang dan ikan aneka warna tak jauh dari permukaan laut.

 5. Mendaki pulau karang

Selain keindahan alam bawah laut, Raja Ampat juga dikenal dengan formasi gugusan karang, seperti yang ada di Wayag dan Pianemo. Sayangnya, untuk bisa melihat keindahan tersebut, wisatawan diminta untuk mendaki pulau karang yang tajam.

Banyak dari turis yang hanya diam di perahu dan tak berani mendaki. Jika ingin perjalanan ke Raja Ampat terasa sempurna, cobalah serunya mendaki pulau karang. Tapi ingat berhati-hatilah karena karang ini bisa melukai kaki.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.