Selasa, 20 Agustus 2013

Pertama Kali Masuk Hutan? Ikuti 8 Tips Berikut



Bagi traveler pecinta alam, hutan bagai rumah kedua. Ada nyanyian burung, dan hembusan angin segar yang menyambut setiap langkah. Tapi jika baru pertama kali masuk ke dalam hutan, sebaiknya ikut 8 tips berikut.

Disusun detikTravel, Selasa (20/8/2013) inilah 8 tips untuk Anda yang baru pertama kali masuk ke dalam hutan:

1. Bawa barang yang diperlukan saja

Ketika masuk ke dalam hutan, cukup bawa barang seperlunya dalam tas ransel kecil. Biarkan barang lain disimpan di basecamp. Ini berguna agar mempermudah pergerakan Anda.

2. Pakai pakaian tertutup

Berjalan dengan celana pendek memang asyik, tapi sebaiknya sesuaikan dengan keadaan. Di hutan, Anda bisa bertemu banyak serangga yang bisa jadi menggigit kulit mulus, seperti nyamuk.

Karenanya, hindari menggunakan pakaian terbuka seperti hotpants atau kaos lengan buntung. Usahakan mengenakan celana dan kaos lengan panjang. Selain itu, pakaian panjang juga menghindari kulit tergores kayu.

3. Oleskan krim anti nyamuk

Nyamuk hutan berukuran besar-besar. Sekali saja terkena gigitan, rasa sakit akan sangat terasa dan bahkan bisa bertahan lama. Jadi, jangan lupa untuk mengoleskan krim anti nyamuk sebelum berangkat.

4. Jangan pakai parfum

Ingin tetap wangi meski sedang berada di hutan memang boleh. Tapi sebaiknya jangan pakai parfum saat masuk ke sana. Aroma manis yang ditimbulkan parfum bisa mengundang serangga hutan seperti lebah atau tawon membuntuti Anda.

5. Tetap berjalan di jalur seharusnya

Jangan pernah sekali-kali berjalan di luar jalur atau bahkan membuka jalur baru ketika berada di hutan. Ini berhubungan dengan keselamatan Anda. Risikonya adalah tersasar di tengah hutan.

6. Jaga kebersihan

Kantung plastik adalah salah satu benda wajib dibawa ketika traveling ke dalam hutan. Simpan segala sampah di dalamnya dan hindari membuang sembarangan. Ayo jadi traveler yang menjaga lingkungan!

7. Atur waktu

Asyik menikmati keindahan alam, jangan sampai lupa waktu ya! Kembalilah ketika matahari masih bersinar. Pulang ketika matahari sudah beranjak terbenam bisa berakibat tersesat.

8. Jika untuk mengamati hewan, gunakan pakaian gelap

Ada banyak tujuan traveler ketika masuk ke dalam hutan. Untuk Anda yang sekadar ingin menikmati suguhan alam, tidak perlu repot mencari pakaian yang ingin dikenakan.

Tapi, untuk Anda yang masuk ke hutan untuk mengamati hewan, sebaiknya gunakan pakaian gelap atau warna yang sama dengan sekitar.

Kaos berwarna hitam, biru gelap, cokelat gelap atau hijau gelap bisa jadi pilihan. Dengan mengenakan pakaian itu, hewan menjadi tidak terlalu sadar dengan kehadiran manusia karena samar-samar dengan warna sekitar.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.