Kamis, 29 Agustus 2013

Ini Dia 7 Museum Paling Aneh di Dunia



Mengapa sebuah museum bisa jauh lebih menarik dari yang lainnya, tentu karena keunikannya. Dari museum Toilet hingga UFO, berikut 7 museum yang paling aneh sedunia.

Seperti dilansir dari Huffington Post, Kamis (29/8/2013), seringkali kita membayangkan museum sebagai tempat membosankan dengan berbagai koleksi benda seni. Tapi ternyata, ada juga 7 museum teraneh dari seluruh penjuru dunia. Apa saja, yuk tengok!


1. Museum Kalung Anjing Kastil Leeds, Inggris

Kastil Leeds, dI Kent, Inggris adalah bekas rumah milik 6 ratu pada abad pertengahan. Ini merupakan rumah dari banyak anjing pemburu. Jumlah anjing yang sangat banyak tersebut merupakan salah satu bagian sejarah penting dari Kastil Leeds. Terdapat sejumlah besar koleksi kalung anjing berumur 500 tahun yang terdiri dari kalung anjing berduri hingga kalung dengan dekorasi silver dan model barok dari zaman Perang Dunia II.

Museum tersebut pada awalnya merupakan sebuah hadiah bagi nyonya rumah terakhir, Baillie, dan berkembang menjadi yayasan Kastil Leeds. Kastil buka dari pukul 10.30 hingga pukul 16.30 waktu setempat pada April sampai September, dan pukul 10.30 hingga pukul 15.00 pada Oktober ke Maret. Tiket berlaku untuk setahun penuh, dewasa Rp 300 ribu dan anak-anak Rp 196 ribu.


 2. Museum Mata-Mata Internasional, AS

Museum Mata-Mata Internasional yang terletak di Washington DC ini memiliki koleksi spionase dari zaman perang sipil mulai dari kasus Atomic Bomb, cerita dibalik film Argo, hingga dunia profesional mata-mata. Anda dapat melihat langsung berbagai perangkat spionase melalui fitur interaktif Spy School yang menampilkan aktivitas penyamaran alat mata-mata serta koleksi alat dan senjata dari lokasi.

Di sana ada juga kisah nyata dari mata-mata asli, bahkan kisah petualangan tokoh fenomenal James Bond sebagai agen spionase juga ada. Museum ini buka dari pukul 09.00 pagi hingga 19.00 malam, kecuali pada musim liburan. Tiket untuk orang dewasa adalah Rp 223 ribu, Rp 167 ribu untuk anak umur 7-11, dan gratis bagi anak dibawah 7 tahun.


 3. Museum Toilet Internasional Sulabh, India

Museum Sulabh di New Delhi memiliki sejumlah koleksi toilet untuk Anda lihat. Sebuah toilet mungkin terkesan biasa dan aneh untuk ada di dalam museum, tapi, banyak pelajaran yang bisa ditarik dari toilet. Museum Sulabh memiliki koleksi toilet dari tahun 1145 sebelum masehi. Koleksi toilet yang dipamerkan mulai dari yang sederhana, berornamen, hingga yang inovatif.

Anda dapat menyaksikan perkembangan toilet dari masa ke masa. Museum Sulabh dikelola oleh organisasi non-profit yang bergerak untuk edukasi dan berfokus pada tantangan pengaturan sanitasi di India dan seluruh dunia. Museum buka dari pukul 10.00 pagi hingga 17.00 sore dari Senin sampai Sabtu. Tidak perlu membayar, tapi Anda boleh menyumbangkan sejumlah donasi secara sukarela.


 4. Museum Pemeliharaan Lebah, Slovenia

Sejak pembukaannya pada tahun 1959, museum telah mengoleksi dan menyimpan catatan dari beberapa daerah dan menampilkan kontribusi legenda peternak lebah lokal, seperti Anton Janša and Peter Pavel Glavar, termasuk di dalamnya koleksi spesies lebah Slovenia.

Dalam koleksi berumur ratusan tahun, terdapat papan rumah lebah yang dicat dengan sangat mentereng. Museum ini buka dari pukul 10.00 pagi hingga 13.00, dan pukul 15.00 hingga 18.00, Kamis hingga Sabtu pada Mei sampai Oktober. Harga tiket masuk Rp 31 ribu untuk dewasa, Rp 24 ribu untuk anak-anak, dan Rp 73 ribu untuk keluarga.


 5. Museum Internasional UFO dan Pusat Penelitian, AS

Kota Roswell yang terletak di New Meksiko merupakan sebuah daerah pedesaan biasa sampai seorang penggembala menemukan benda yang diduga sebagai UFO di pinggiran kota pada tahun 1947. Pencarian UFO menarik bagi banyak orang yang berujung pembukaan museum Internasional UFO pada tahun 1992.

Museum UFO ini tidak hanya menjelaskan kejadian di Roswell pada tahun 1947, melainkan juga memberikan akses bagi pengunjung dan peneliti akses untuk informasi terkait, penculikan, penampakan, crop circles dan Area 51. Museum UFO juga menjadi wadah bagi acara tahunan Festival UFO Roswell pada bulan pertama Juli. Museum buka dari pukul 09.00 hingga 17.00 setiap hari. Harga tiket masuk untuk dewasa Rp 56 ribu, Rp 22 ribu untuk anak umur 5 sampai 15 tahun, dan gratis bagi anak dibawah 5 tahun.


 6. Museum Ramen Instan Momofuku Ando, Jepang

Museum Ramen Instan ini menjadi koleksi sejarah perkembangan mie instan di Jepang dari masa ke masa. Cerita tentang kreasi dan pencapaian skala global mie instan dijelaskan di museum yang berada di Osaka ini.

Uniknya, ada teater berbentuk mi gelas, persis seperti yang dibawa oleh Momofuku Ando tahun 1971. Ada juga pesawat luar angkasa seperti mie dan tentunya beragam koleksi mi instan di seluruh dunia. Museum ini juga mengikuti kelas membuat mi dan ramen. Museum buka dari pukul 09.30 hingga 16.00 dari Rabu ke Senin, tutup pada libur nasional dan pada 24 desember hingga 4 Januari. Tidak dikenakan tiket masuk, kecuali untuk proses pembuatan mie.


 7. Museum Vulcan dan Terminal Trek, Kanada

Mungkin bukanlah hal aneh untuk melihat keberadaan sebuah pesawat luar angkasa di kota bernama Vulcan. Sebenarnya, pesawat tersebut merupakan salah satu bagian promosi dari Kota Vulcan yang memuja Star Trek, sebagai sarana pariwisata mereka. Disamping memorabilia pesawat Star Trek, ada juga memorabilia seperti "telinga" sumbangan Leonard Nimoy dari banyak karakter, film, dan seri TV Star Trek.

Di Museum Star Trek terdapat ucapan dalam bahasa Inggris, Vulcan, dan Klingon. Juga replika dari Starship Enterprise, lukisan dinding, dan kostum. Apabila Anda begitu menyukai seri Star Trek, terdapat kesempatan untuk duduk di kursi Kapten Kirk atau mengikuti misi luar angkasa kapal Vulcan. Museum ini gratis, buka dari pukul 09.00 hingga 17.00, dan hingga pukul 18.00 saat musim panas.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.