Jumat, 30 Agustus 2013

Kisah Miris Venezuela, Negeri Cantik yang Sepi Wisatawan



Berlibur ke negara-negara yang dilimpahi keindahan alam memang disukai traveler. Namun, siapa sangka di balik kecantikan Venezuela, terdapat kisah miris, yakni sepinya kunjungan wisatawan ke negara ini.

Memiliki air terjun tertinggi di dunia, Venezuela diselimuti hutan lebat dengan pemandangan laut. Sesungguhnya Venezuela memiliki semua hal yang turis inginkan. Anehnya tidak banyak wisatawan yang berkunjung, seperti ditengok dari News.com, Jumat (30/8/2013).

Negara yang dijelajahi Christopher Columbus ini hanya didatangi sebanyak 700.000 pengunjung setiap tahunnya. Tentu saja jumlah yang sangat sedikit ini mencoreng citra destinasi wisata yang dianggap Christopher Colombus sebagai surga di bumi.

Para pejabat setempat saat ini sedang berjuang untuk mendatangkan wisatawan. Sebelumnya setelah mengabaikan sektor wisata selama bertahun-tahun, Venezuela menggantungkan kehidupannya pada industri minyak.

Pihak pemerintah yang berada di Caracas, ibukota Venezuela kini bekerja keras untuk menarik pengunjung. Namun, keinginan meningkatkan kunjungan wisatawan tidak didukung oleh fasilitas akomodasi dan transportasi yang memadai.

Ditambah, wisatawan segera memilih destinasi wisata lain, begitu mengetahui tingkat kejahatan yang tinggi di Venezuela. Direktur World Tourism Organization (UNWTO) untuk wilayah Amerika, Carloz Vogeler, mengatakan ketika sebuah negara memiliki suatu sumber pendapatan utama, ia memiliki kecenderungan untuk potensi lainnya.

"Hambatan utama pengembangan pariwisata di Venezuela adalah minyak," ujar Carlos.

Menteri Pariwisata baru Venezuela, Andres Izarra, berkata ia bermaksud untuk menempatkan Venezuela pada peta sebagai destinasi liburan.

"Tujuan kami (pemerintah-red) adalah bisa meraih satu juta wisatawan asing di tahun 2014," katanya.

Sementara fasilitas mungkin kurang, tidak demikian pada atraksi wisata Venezuela, mulai dari keanekaragaman hayati dari Delta Orinoco.

Ditambah dengan kekayaan hutan Amazon dan juga puncak Andes ke ratusan yang dikelilingi pantai indah, Venezuela telah memiliki semuanya.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.