Jumat, 30 Agustus 2013

5 Kontroversi dari Diet OCD Ala Deddy Corbuzier

img


Mentalis Deddy Corbuzier memperkenalkan sebuah cara baru bagi Anda yang merasa obsesitas dan ingin menurunkan berat badan. Melalui sebuah e-book, Deddy memperkenalkan Obsessive Corbuzier Diet. Diet ini langsung menjadi buah bibir. Banyak yang mengaku sukses menurunkan berat badan berkat OCD, tapi tak sedikit juga yang mengkritik.

Sejak e-book OCD dirilis ke dunia maya pada 1,5 bulan lalu, ini dia berbagai kontroversi terkait Obsessive Corbuzier Diet:


1. Anjuran Puasa
img
Menurut Deddy sejak merilis e-book OCD ada beberapa ahli gizi yang mengkritiknya. Mereka yang mengkritik mengatakan cara puasa ala Deddy salah. Puasa yang disebutkan dalam OCD, dikatakan bisa berisiko membuat wanita menjadi tidak subur. "Kalau mereka mengatakan puasa salah, mereka nggak menyerang saya, tapi menyerang semua agama karena semua agama mengajarkan puasa," ujar pembawa acara Hitam Putih itu saat berbincang dengan wolipop usia syuting di Hanggar, Pancoran, Jakarta, Selasa (27/8/2013).

2. OCD Buat Otot Mengecil
img
Deddy juga menyebutkan ada sejumlah orang yang mengklaim sebagai ahli mengatakan OCD bisa membuat otot menjadi mengecil. OCD menyebabkan orang menjadi kurus sehingga ototnya tidak terbentuk. Apa kata sang master soal kritikan itu? "Yang ngomong begitu tunjukkini badannya seperti apa. Kalau badannya masih jelek jangan ngajarin saya. Buktiin saja," jawabnya santai.

3. OCD Tidak Sarapan
img
Dalam diet ala Deddy ini, pelakunya disarankan tidak makan di pagi hari. Dalam bukunya, pria berkepala plontos ini menulis 'Kesimpulan, makan pagi akan menghambat kesempatan pembakaran lemak anda saat mulai beraktifitas pagi hari setelah puasa tidur. sedangkan makan malam akan dibakar saat anda tidur hingga tidak akan menjadi masalah'. Kesimpulan tersebut dibuat Deddy setelah sebelumnya memuat sejumlah hasil penelitian mengenai sarapan. Sarannya ini yang menjadi kontroversi karena sampai saat ini masih banyak ahli yang tetap menyarankan sarapan. Sarapan dianggap memiliki efek positif ketimbang efek negatifnya. Sejumlah penelitian menyebutkan orang yang sarapan, memiliki memori dan kemampuan otak

4. OCD Bisa Buat Wanita Tidak Subur
img
Deddy mengatakan ada yang mengkritik OCD dengan menyebutkan cara diet ini bisa mengganggu kesuburan wanita. Menurut Deddy, kritikan tersebut datang dari orang yang tidak membaca dengan benar hasil sebuah penelitian. Sepengetahuannya, penelitian yang mengatakan wanita bisa terganggu kesuburannya karena puasa dilakukan pada tikus. "Tikus wanita yang berpuasa terganggu karena tikus adalah makhluk jenis mengumpulkan makanan, manusia adlaah food hunter, pencari makanan. Saat tikus tidak diberi makanan stressnya tinggi, hormonnya terganggu," ujarnya.

5. Puasa OCD Buat Metabolisme Menurun
img
Menanggapi kritik tersebut Deddy sudah menuliskan jawabannya dalam bukunya. Presenter 36 tahun itu menulis tidak makan sama sekali beda dengan berpuasa. "Penellitian telah menunjukkan bahwa dalam hingga 72 jam puasa, metabolisme tidak akan melambat (Macdonald IA, Webber J, 1995) dan itu bahkan meningkatkan sedikit metabolisme. Ya saya bilang meningkat! (Setelah melewati 72 jam baru akan menurun). Ini berarti puasa jangka pendek tidak akan menurunkan metabolisme Anda dengan sendirinya. Selama Anda tidak melakukan puasa tanpa makan sama sekali dalam keadaan lama dan masih makan cukup, Anda akan baik-baik saja dan bahkan akan meningkatkan metabolisme Anda," tulisnya.

Sumber: Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.