Sabtu, 16 November 2013

Yuk, Ajari si Kecil Makan Sendiri dengan Tahapan Ini!



Anak perlu dilatih mandiri sejak dini. Bisa diawali dengan makan sendiri. Sejak usia satu tahun anak sudah bisa dilatih menyuapkan makanan sendiri. Latihan bertahap akan membuat si kecil mahir makan sendiri.

Saat kemampuan motoriknya mulai berkembang, Anda bisa melatih si kecil memegang, memotong dan menyuap makanan sendiri. Menurut rekomendasi Yourkidstable (15/11/2013), beberapa cara ini bisa melatih si kecil makan sendiri.


1. Makan dengan jari
Metode ini cukup efektif untuk anak usia 7-9 bulan. Berikan anak sepotong makanan yang lembut dan biarkan mereka memasukkan makanan ke dalam mulutnya dengan jari-jari mereka. Ia akan belajar menggenggam dan mengunyah.

2. Makan dengan sendok makan
Keterampilan selanjutnya akan berkembang pada umur 9-15 bulan. Siapkan mangkuk dan sendok berbahan aman untuk anak. Isilah dengan makanan yang lunak dan biarkan ia mencoba memasukkan ke dalam mulut. Bantu ia berlatih memegang dan kalaupun sedikit berlepotan bisa segera dibersihkan.

3. Makan dengan garpu
Biasanya anak mampu belajar makan dengan menggunakan garpu pada umur 15-18 bulan. Taruh garpu balita yang aman di piring. Siapkan makanan yang mudah ditusuk misalnya keju, nugget dan buah yang lembut yang dipotong kecil.

4. Ajari anak dengan teratur
Jika anak belum mampu makan sendiri, cobalah latih berulang-ulang kali karena merupakan proses belajar. Karenaya latihlah secara teratur agar si kecil jadi terampil. Seiring dengan perkembangan motorik, ia juga akan punya keterampilan makan.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.