Selasa, 26 November 2013

Gurih Enak Omurice dan Tamagoyaki, Hidangan Telur Asal Jepang

Telur merupakan hidangan populer di seluruh dunia, namun masing-masing negara memiliki hidangan telur yang unik dan berbeda. Di Amerika, egg benedict dan poached eggs menjadi menu sarapan favorit.


Sedangkan di Jepang, omurice dan tamagoyaki yang sering dikonsumsi saat sarapan. Selain itu, Jepang juga memiliki hidangan telur yang enak dan lezat, seperti berikut ini.


1. Omurice
Berasal dari kata “omu” dan “raisu” yang berarti omelet dan nasi. Omurice merupakan hidangan nasi goreng yang disajikan bersama balutan omelet tipis. Agar lebih lezat, nasi goreng biasanya ditambahkan daging, jamur, dan kacang polong. Terakhir, omurice disajikan bersama siraman saus tomat.

2. Chawanmushi
Chawanmushi adalah jenis custard telur yang gurih. Dalam bahasa Jepang, “Chawan” berarti cangkir teh atau mangkuk nasi, sedangkan “mushi” berarti dikukus. Rasa chawanmushi berasal dari campuran kaldu dashi, kecap, dan mirin. Hidangan ini terbuat dari telur, biji ginkgo, jamur sitake, peterseli, kamaboko, udang, dan daging ayam. Untuk membuatnya, semua bahan disusun dalam cangkir teh kemudian dikukus bersama telur yang telah dikocok bersama campuran bumbu tadi.

3. Onsen Tamago
Hidangan telur setengah matang ini dahulu kala direbus menggunakan sumber mata air panas. Jika ingin membuatnya sendiri di rumah, caranya cukup mudah. Masukkan telur mentah ke dalam wadah berisi air panas. Diamkan kira-kira 8 menit, kemudian angkat dan dinginkan telur. Pecahkan telur diatas mangkuk, kemudian tambahkan dashi atau kecap. Anda akan menikmati tekstur putih dan kuning telur yang sangat halus.

4. Tamagoyaki
tamagoyaki adalah omelet khas Jepang yang dibuat dengan cara menggulung beberapa lapisan omelet. Untuk membuatnya diperlukan ketelitian agar lapisan omelet tidak hancur saat digulung bersama lapisan omelet sebelumnya. Biasanya tamagoyaki dimasak diatas wajan persegi yang disebut makiyakinabe. Agar lebih lezat, tamagoyaki bisa ditambahkan wortel atau bawang bombay.

5. Tamago kake gohan
Tamago kake gohan biasanya disajikan saat sarapan. Hidangan ini sangat mudah dan cepat dibuat. Cukup siapkan nasi dalam mangkuk, kemudian buat sedikit lubang ditengah-tengah kumpulan nasi tersebut. Tuangkan telur mentah diatasnya bersama kecap, kemudian aduk rata telur mentah bersama nasi. Tamago kake gohanpun siap dinikmati.

6. Ajitsuke tamago
Ajitsuke tamago adalah telur yang direbus bersama kecap dalam temperatur medium, sehingga membuat putih telur matang dengan tekstur padat namun kuning telurnya ¾ matang dengan tekstur sangat lembut. Cara membuat telur ini cukup sulit karena harus memperhatikan temperatur air rebusan dengan teliti. Ajitsuke tamago biasanya disajikan bersama semangkuk ramen yang panas.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.