Minggu, 24 November 2013

Saat Bersantap di Italia, Jangan Pesan Pepperoni Pizza dan Minta Bon

Menurut studi United Nations World Tourism Organization terbaru, Italia berada di peringkat kelima tujuan paling populer bagi wisatawan dunia. Tak heran, banyak orang bermimpi bisa mengunjungi negara tersebut untuk mencicipi hidangannya yang terkenal lezat.

Sebelum ke Italia, sebaiknya Anda pelajari dulu kebiasaan makan orang setempat. Selain itu, ada beberapa hidangan populer yang ternyata bukan berasal dari Italia. Berikut panduan yang dikutip dari The Daily Meal (29/10/13):

1. Jangan pesan 'fettuccine Alfredo'
Orang Italia tak mengenal fettuccine Alfredo. Kabarnya, hidangan ini berasal dari sebuah restoran di Roma, Italia. Namun, orang Amerika membawanya ke kampung halaman mereka dan memakaikan krim ke pasta tersebut, bukan sekadar mentega dan keju parmesan.

2. Jangan mengharapkan sarapan porsi besar
Kalau orang Indonesia terbiasa makan nasi goreng di pagi hari, orang Italia cukup meminum secangkir espresso pekat dan sepotong pastry manis. Mereka menyebutnya 'caffe e cornetto'.

3. Jangan pesan latte atau cappuccino setelah jam 11 siang
Orang Italia lebih suka meminum secangkir kecil espresso. Kalau Anda memesan latte, Anda akan mendapatkan segelas susu. Sebutlah 'cafe latte' atau cappuccino jika yang Anda maksud adalah kopi susu. Cappuccinopun biasanya hanya dinikmati hingga pukul 11 pagi.

4. Jangan pesan pepperoni pizza
Jika kita menganggap pepperoni adalah irisan tipis olahan daging mirip sosis, di Italia peperoni (dengan satu huruf p) berarti kata jamak untuk paprika. Kalau yang Anda inginkan adalah pizza dengan irisan daging, pesanlah pizza al salamino, pizza diavola, atau pizza calabrese.

5. Minum wine atau air putih saat makan
Orang Italia suka bersantap ditemani air putih atau wine, bukan teh, kopi, soda, jus, apalagi susu.

6. Jangan minta saus salad
Kita mungkin terbiasa dengan saus salad yang creamy. Namun, saat sedang di Italia, gunakanlah minyak zaitun dan balsamic vinegar yang biasanya telah tersedia di meja. Campuran ini akan membuat salad Anda benar-benar menyehatkan.

7. Jangan minta mentega untuk dioleskan ke roti
Di Italia, roti hampir selalu ditawarkan di awal acara bersantap. Namun, tak ada mentega maupun minyak pencelup sebagai pelengkapnya. Nikmatilah dengan menyiramkan sedikit minyak zaitun ke atas roti. Atau, Anda juga bisa menggunakan roti untuk menyerap saus dan menyendok sisa hidangan yang Anda santap.

8. Minta bon
Pelayan restoran hampir tak pernah membawakan bon, kecuali Anda memintanya dengan mengatakan "il conto per favore". Selain itu, tak perlu memberi tip, kecuali pelayanan yang Anda terima sangat memuaskan atau Anda bersantap di restoran berbintang Michelin.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.