Sabtu, 16 November 2013

Inilah Alasannya, Sushi Dimakan dengan Wasabi dan Bir Dinikmati dengan Edamame

Jepang adalah salah satu negara yang sangat menjaga tradisi, termasuk dalam bidang kuliner. Beberapa makanan selalu disajikan berpasangan, seperti sushi dengan wasabi dan bir dengan edamame. Aturan ini bukan tanpa alasan.


Pemasangan makanan ini ternyata memiliki dampak positif untuk kesehatan. Seperti dilansir dari Rocket News 24 (15/11/2013), inilah makanan di Jepang yang selalu disajikan berpasangan.


1. Sushi dan wasabi
Banyak orang menghindari wasabi saat menyantap sushi karena tidak suka dengan rasanya yang pedas. Padahal wasabi membantu menghilangkan bau amis pada ikan dan memperkaya rasa sushi. Yang terpenting, wasabi bersifat anti mikroba sehingga mencegah keracunan makanan.

Sup miso dan rumput laut
Lembaran rumput laut dalam sup miso sangatlah tipis dan terasa hambar. Tetapi jangan terburu-buru menyingkirkannya karena nutrisi rumput laut ternyata efektif mengurangi kadar natrium yang tinggi dalam sup miso.

3. Onigiri dan lembaran rumput laut kering
Melahap onigiri tanpa lembaran rumput laut kering yang membungkusnya pastilah menyulitkan. Pasalnya, nasi akan lengket di tangan dan sulit dibersihkan. Selain mempermudah melahap onigiri, lembaran rumput laut kering atau disebut laver, tinggi kandungan vitamin B. Vitamin ini mampu mengonversi karbohidrat yang terkandung dalam onigiri.

4. Ikan saury dan parutan lobak daikon
Saury adalah ikan laut yang umum dikonsumsi di Jepang. Ikan bertubuh ramping ini dipanggang kemudian disajikan dengan parutan lobak daikon. Proses pemanggangan ikan saury tidak menghilangkan kulit ikan sehingga rasanya tetap enak. Namun, kulit ikan ini juga bersifat karsinogen. Untuk menghilangkan zat karsinogen, parutan lobak daikon yang ditambahkan kecap bisa jadi solusi.

5. Belut air tawar dan sansho
Belut air tawar atau disebut unagi biasanya dibelah melebar, diberi saus, kemudian dipanggang hingga matang. Unagi juga disajikan dengan sejumput bubuk seperti lada bernama sansho. Selain memberi tampilan kecokelatan pada unagi, sansho mampu mengurangi bau amis dan baik bagi organ pencernaan.

6. Bir dan edamame
Menikmati edamame atau kacang kedelai dengan segelas bir sudah menjadi tradisi di Jepang. Dibanding kacang atau keripik yang biasa menjadi teman santap bir, edamame jauh lebih menyehatkan dan rendah kalori. Selain itu, edamame mengandung metionin, vitamin B1 dan C yang membantu hati mengolah alkohol.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.