Selasa, 26 November 2013

Telur Terkecil, Termahal hingga Telur Bergambar Peta Dunia


Telur tak sekedar dimakan, cangkangnya sejak dulu dibuat media semi untuk berkreasi. Bentuk telurpun ada yang super kecil dan super besar. Apa saja yang telah dicatat oleh berbagai negara atas kreasi telur?

Detikfood telah merangkum beberapa catatan atas bentuk telur yang unik, kecil dan harganya paling mahal, seperti telur-telur ini.


1. Telur Terbesar
Bila diukur, besar telur ini mencapai tiga ratus kali dari telur biasa. The Great Elephant Bird, nama telur ini, dijual seharga Rp 9 juta per butir. Telur ini lebih besar dari bola rugby dan diameternya berukuran hampir 1 meter. Warnanya agak putih kusam dengan berat 500 kg. Ceritanya, telur ini diletakkan di Madagaskar 400 tahun yang lalu oleh seorang pemburu, ukuran telur ini bahkan lebih dari telur 

2. Telur Faberge
Walaupun tidak terbuat dari telur asli, telur Faberge adalah perhiasan berbentuk telur. Telur ini juga biasa dihadiahkan oleh para raja kepada istrinya saat hari Paskah tiba. Dibuat dari emas dan batu mulia lainnya, sekarang telur ini lebih banyak disimpan di museum atau istana kerajaan sebagai bukti sejarah dan koleksi kerajaan.

3. Telur Termahal
Sebuah restoran bernama Dabbous yang membuka gerainya di London menyajikan hidangan telur termahal. Harganya mahal karena di restoran ini Anda bisa menikmati telur langsung dari cangkangnya. Cangkang telur dipotong sebanyak seperempat bagian, lalu di dalamnya terdapat telur matang yang dimasak dengan bumbu serta rempah yang beragam. Telur ini juga diberi hiasan rumput kering dan sangkar. Tak lupa ada whipped cream sebagai pemanis hidangan. Harga makanan ini sekitar Rp 153.000 per porsi.

4. Telur Embrio
Kuning telur dan putih telur adalah dua bagian yang biasanya terlihat apabila Anda menikmati telur. Namun, telur yang disebut balut ini beda. Telur ini berisi embrio bebek yang hampir jadi, memakan telur ini sama saja Anda menikmati seekor bebek dari kepala sampai kaki! Anda juga akan merasakan sensasi bulu bebek yang masih lembut. Balut banyak dijual di Filipina dan harganya sekitar Rp 4.000-5.000.

5. Telur Seniman
Seorang seniman bernama Lucius Freud mempunyai cara sendiri untuk menyiapkan hari Paskah. Ia sengaja membuat potret dirinya di cangkang telur ayam. Cara ini diambil olehnya untuk pameran seninya yang berlangsung tahun 1979. Lucius pun meninggal tahun lalu. Karyanya kemudian ditemukan tersimpan di dalam lemari seorang wanita bernama Hope selama 30 tahun. Telur ini kemudian dijual dengan harga sembilan miliar!

6. Telur Ayam Terkecil
Harry Evans kaget ketika menemukan ayamnya yang berumur 18 bulan ini menelurkan sebuah telur ayam yang sangat kecil. Diameter telur ini hanya 2 cm, dan masuk dalam daftar Guinness Book of Record. Harry mengaku telur ini sangat cantik dan kuning telurnya berwarna oranye terang, tetapi ia tak tega untuk memakannya.

7. Telur Berbentuk Aneh
Ayam betina di daerah Slivno, Kroasia Selatan mempunyai telur dengan bentuk unik. Neda Glibota, sang empunya ayam tersebut merasa ada yang aneh dengan benda yang berbentuk bulat dan berekor ini. Tadinya ia mengira benda ini adalah kentang, dan ia pun memanggil semua temannya untuk menunjukkan telur ini.

8. Telur Peta
Lain lagi halnya dengan telur burung unta ini. Siapa sangka cangkangnya menjadi bukti sejarah bola dunia tertua pernah dibuat di atas cangkang telur burung unta ini. Dibuat sekitar tahun 1500-an, dan dibuat dari tangan seorang Leonardo dan Vinci. Bola dunia ini adalah bukti jika Da Vinci telah mengumpulkan seluruh pengetahuannya akan dunia, termasuk juga penjajah Eropa Amerigo Vespucci.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.