Selasa, 19 November 2013

10 Album Terbaik dalam 21 Tahun Terakhir



Sepanjang 25 tahun ini, industri musik dunia seperti menampakkan ritmenya untuk bertransformasi. Genre musik seperti berputar mengikuti zaman. 

Situs NME pun sempat memilih 10 album terbaik sepanjang 21 tahun terakhir. Siapa saja mereka?


1. 'AM'- Arctic Monkeys

Tahun ini nama grup band Arctic Monkeys kembali mencuri perhatian pecinta musik dunia. Perhatian publik teralihkan saat Alex Turner Cs merilis album barunya 'AM' pada September lalu. 

'AM' sukses terjual hingga 157 ribu kopi hanya dalam seminggu penjualannya. Pencapaianya itu menjadi penjualan terbesar untuk mereka sepanjang karier mereka.


2. 'Random Access Memories' - Daft Punk

'Random Access Memories' seperti menjadi catatan sejarah tersendiri bagi Daft Punk. Album tersebut dinilai sebagai salah satu karya terbaik dari duo asal Perancis itu. 

Tak hanya asal bicara, tapi pencapaian yang sukses diraih seperti menjawab semuanya. Mulai dari sukses puncaki Billboard hingga rekor sebagai vinyl terlaris sepanjang masa.


3. 'Let England Shake' - PJ Harvey

Sosok PJ Harvey mungkin masih terasa asing di telingan pecinta musik di Indonesia. Namun, musisi asal Inggris itu begitu terkenal di industri musik dunia. 

Apalagi album  'Let England Shake' menjadi disebut album 'keramat' yang sukses di 21 tahun belakangan ini. Album dirilis pada 2011 itu berjaya di tanah Inggris dan Amerika Serikat.


4. 'The Promise' - Bruce Springsteen
Sosok Bruce Springsteen disebut legenda hidup industri musik dunia. Puluhan album pun terlahir dari tangan Bruce salah satu yang terbaik adalah 'The Promise' yang menjadi salah satu yang terbaik sepanjang 21 tahun terakhir.

5. 'Back from the Dead' - Spinal Tap
Terlahir sejak 1964, grup band Heavy Metal, Spinal Tap hanya melahirkan tiga album. Salah satu albumnya yang dirilis pada 2009 lalu yaitu 'Back from the Dead' disebut karya terbaik mereka.

6. 'Unknown Pleasures' - Joy Division

Sempat dirilis pada 1979, album 'Unknown Pleasures' milik Joy Division begitu nge-hits di era itu. Hingga akhirnya album tersebut kembali dirilis 2007 lalu. 

Perilisan album tersebut disebut sebagai langkah brilian. Hal itu terbukti saat album tersebut ternyata masih laku di pasaran.


7. 'Mothership' - Led Zeppelin

Kedikdayaan grup band Led Zeppelin seperti memang tak perlu diperdebatkan. Karya-karya mereka seperti tak pernah mati ditelan zaman. 

Bahkan, album sekelas 'the best of' bertajuk 'Mothership' pun tetap mencuri perhatian. Album yang dirilis pada 2007 lalu itu pun sukses laris manis di pasaran.


8. 'Stop The Clocks' - Oasis
Satu lagu album kompilasi lagu terbaik yang masuk dalam deretan album terbaik sepanjang 21 tahun terakhir. Album yang dimaksud tak lain adalah album 'Stop The Clocks' milik Oasis yang dirilis pada 2006 lalu.

9. 'Whatever People Say I Am, Thats What Im Not' - Arctic Monkeys

Arctic Monkeys mungkin masih konsisten di ranah musik indie dunia. Tapi karya mereka tetap bisa menjadi magnet untuk pencinta musik dunia. 

Bahkan album debut mereka 'Whatever People Say I Am, That’s What I’m Not' yang dirilis 2006 lalu disebut menjadi karya terbaik musisi dari daratan Inggris.


5. 'Is This It' - The Strokes

Kemunculan The Strokes pada 2001 lalu dinilai sebagai era kebangkitan musik Rock N Roll. Melalu karya-karya lewat album perdananya 'Is This It', The Strokes sukses mencuri perhatian. 

Jadi tak heran jika 'Is This It' disebut sebagai salah satu album terbaik sepanjang 21 tahun terakhir.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.