Kamis, 28 November 2013

Kurangi Konsumsi 10 Makanan Berkolesterol Tinggi Ini!

Kadar kolesterol darah yang tinggi dialami oleh banyak orang berusia muda. Makanan menjadi pemicu utamanya. Meskipun tubuh butuh kolesterol tetapi ada baiknya batasi konsumsinya agar tak memicu penyakit.


Kecuali jeroan dan gorengan, banyak makanan sehari-hari yang ternyata berkolesterol tinggi. Berikut ini daftar 10 makanan berkolesterol tinggi yang dirangkum situs The Daily Meal yang perlu dibatasi konsumsinya.


1. Mentega
Mentega memang akan membuat kue menjadi makin lezat dan gurih. Namun ternyata, 1 cangkir mentega mengandung kolestrol sebanyak 488 miligram. Karena mentega terbuat dari lemak hewan yang kaya akan kandungan lemak jenuh dan kolesterol yang sangat atrogenik. Ganti penggunaan mentega dengan minyak zaitu, minyak kedelai, dan minyak kelapa.

2. Rib-Eye Steak
Makan rib-eye steak memang paling nikmat. Di balik potongan daging yang nikmat itu, tersimpan kolesterol sebesar 160 miligram per 226 gram daging. Anda dapat mengganti potongan rib-eye steak dengan fillet mignon atau New York strip untuk daging steak yang lebih rendah kandungan kolesterolnya.

3. Muffin
Muffin yang diproduksi hasil dari pabrikan ternyata mengandung kolesterol yang cukup tinggi. 1 buah muffin ukuran sedang mengandung 34 miligram kolesterol yang dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

4. Sayap Ayam Goreng
Semua makanan yang digoreng pastinya akan membuat kadar kolesterol dan lemaknya bertambah, begitu juga dengan sayap ayam goreng. Satu buah chicken wing atau sayap ayam goreng berukuran sedang mengandung kolesterol sebanyak 27 miligram. Jika Anda ingin mengonsumsi sayap ayam yang lebih rendah kolestrol, masaklah sayap ayam tanpa kulitnya dan masak dengan cara dipanggang.

5. Caviar
Kaviar yang berupa telur ikan ini memang mahal dan mewah. Jika Anda ingin mengurangi konsumsi kolesterol tinggi, sebaiknya hindari kaviar. 1 sendok makan kaviar mengandung 94 miligram kolesterol.

6. Keju Cheddar
Satu iris keju cheddar memang hanya mengandung 27 miligram kolesterol saja. Namun dalam penggunaannya sehari-hari, banyak makanan yang dimasak dengan menggunakan lebih dari 1 iris keju cheddar. Jika keju cheddar dikonsumsi dalam jumlah banyak dan rutin, maka kadar kolesterol dalam darah pun akan meningkat.

7. Kuning Telur
Telur memang memiliki rasa yang gurih nikmat dan kaya akan sumber protein yang bagus bagi kesehatan. Namun, bagian kuning telur ternyata mengandung kolesterol yang sangat tinggi, yaitu sekitar 184 miligram. Agar bebas kolesterol, buatlah omelet dari putih telur yang rasanya masih tetap enak, kaya akan protein, dan tanpa kolesterol.

8. Kepiting
Walaupun rasanya sangat gurih, kepiting kaya akan kandungan kolesterol. Satu ekor kepiting dengan ukuran sedang mengandung 96 miligram kolesterol yang tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering.

9. Hati Ayam
Tidak hanya bagian hati, semua organ hewan seperti pankreas, usus, dan lain-lain mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi. Tiap 28 gram hati ayam mengandung kolesterol yang cukup tinggi, 160 miligram. Tidak ada alternatif yang dapat menggantikan kelezatan hati ayam, kurangi porsinya dan frekuensi konsumsinya.

10. Es Krim Vanila
Makan es krim rasa vanila memang enak karena memiliki rasa manis dan gurihnya susu yang sangat lezat. Di balik kelezatannya, setengah cangkir es krim vanila mengandung 98 miligram kolesterol. Kurangi konsumsinya atau ganti dengan es krim vanila yang terbuat dari susu rendah lemak.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.