Kamis, 28 November 2013

Laut Bercahaya & Aneka Keajaiban Lain dari Lautan


Alam selalu memiliki cara tersendiri untuk membuat orang terpesona. Dari laut, berikut 3 fenomena cantik dan magis untuk dilihat dengan mata dan kepala sendiri.

Mulai dari laut yang bisa bercahaya, hingga laut yang airnya terpisah, hal tersebut mungkin saja terjadi. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (28/11/2013) inilah 3 keajaiban yang bisa ditemui di lautan:

1. Laut bercahaya
Bayangkan jika Anda berada di laut yang bisa mengeluarkan cahaya. Tenang, itu bukan sekadar khayalan, karena laut tersebut benar ada dan bisa didatangi. Lebih menyenangkannya lagi, di dunia ada beberapa tempat di mana laut bisa bercahaya.

Tempat pertama adalah Mosquito Bay di Puerto Rico, AS. Laut ini jadi incaran para wisatawan pada malam hari karena perairan di sana bisa mengeluarkan warna biru. Warna ini berasal dari mikroorganisme bioluminescence. Warna akan keluar jika hewan ini merasa terganggu.

Laut bercahaya selanjutnya ada di Falmouth, Jamaika. Letaknya beradi di hilir Sungai Martha Brae, tepat di pesisir pantai. Glistening Waters terus mengeluarkan cahaya sepanjang tahun. Anda bebas memilih datang kapan.

2. Laut paling jernih


Sebenarnya, laut paling jernih dipegang oleh Laut Weddell di Antartika. Namun jika dirasa itu terlalu jauh, di Indonesia pun ada banyak laut yang sebening kaca. Coba saja bertolak ke Aceh tepatnya ke Pantai Iboih di Pulau Weh.

Dari pelabuhannya saja, pengunjung sudah bisa melihat ikan mondar-mandir di air. Tak lupa, dasar laut dan terumbu karang juga bisa terlihat dengan mudah dari tepi laut.

Perairan di Pulau Yeben dan Pulau Arborek di Papua Barat juga sudah terbukti kejernihannya. Pasir yang sangat putih di dasar laut bisa terlihat jelas dari tepi pantai. Bagi yang tak bisa berenang, melongok laut di sini pun sudah puas karena aneka ikan warna-warni bisa mudah terlihat tanpa harus menyebur ke dalamnya.

Perairan jernih di Indonesia selanjutnya adalah Pulau Maratua di Kalimantan Timur. Berada di sini, rasanya tak tahan ingin segera menceburkan diri. Air yang jernih tanpa cemaran sampah atau limbah mudah ditemui di mana-mana. Tentunya, ikan warna-warni dan terumbu karang terlihat jelas dari atas sana.

Dua tempat selanjutnya adalah Tanjung Bira di Sulawesi Selatan dan Pantai Liang di Maluku. Datanglah dan lihat sendiri betapa bersih dan jernihnya perairan di sana.

3. Dua air laut terpisah
Umat Islam meyakini salah satu ayat kitab suci Al Quran yang menyebutkan ada laut yang airnya tidak bercampur. Tempat ini sungguhan ada dan menjadi fenomena alam yang menarik untuk wisatawan, yaitu di Selat Bab el Mandeb.

Perairan ini merupakan pertemuan Laut Merah dan Samudera Hindia. Letak persisnya ada di antara Yaman, Semenanjung Arab, Djibouti, Eritrea, Somalia utara, serta ujung Afrika.

Para ilmuwan sudah lama mengungkap fenomena ini lewat kandungan garam, geografis dan biologis. Menurut Kapten Jacques Cousteau, mendiang pakar biologi kelautan paling ternama, laut tersebut terpisah karena memiliki kepadatan yang berbeda berdasarkan unsur-unsur yang diteliti tersebut.        


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.