Senin, 18 November 2013

Makanan Sehat di Tengah Krisis, Ini Menunya



Resesi ekonomi telah memberikan dampak baik dan buruk terkait pemenuhan gizi keluarga di berbagai belahan dunia. Ada keluarga yang akhirnya beralih ke menu makanan tak sehat karena harganya yang murah. 

Tapi ada juga yang berkreasi dengan menciptakan resep-resep baru dari bahan yang murah tapi tetap sehat, seperti yang dipraktekkan banyak keluarga di AS dan Eropa. Contohnya adalah pie apel atau salad dari tanaman yang tumbuh di sekitar rumah. Apa saja dan bagaimana cara membuatnya? 


Roti Tanpa Telur, Susu, dan Mentega


Di beberapa bagian Eropa atau AS, ada keluarga yang berkreasi membuat roti tanpa menggunakan telur, susu, dan mentega. Mereka memakai campuran air, kismis, bubuk kayu manis dan cengkeh, pala, garam, serta lemak dan gula, yang dimasak sampai mendidih. Setelah mendidih dan didinginkan, campuran ini dicampurkan dengan tepung dan pengembang roti sebelum dipanggang.   

Roti 'Gila'


Campurkan tepung, gula, garam, pengembang roti, dan bubuk coklat, ke dalam cetakan kue yang tak dibaluri mentega atau lemak apapun. Buat tiga lubang pada adonan. Pada lubang pertama tambahkan minyak sayur, cuka pada lubang kedua, dan ekstrak vanila ke dalam lubang ketiga. Lalu tuang air dingin ke semua lubang dan aduk dengan garpu sampai merata, sebelum dipanggang.

Salad Dandelion


Dandelion itu semacam rumput yang berbunga kuning. Ternyata tanaman ini bisa dimakan. Caranya, cabut dandelion, buang akar dan bunganya sehingga yang tersisa cuma daun. Bersihkan dan bilas berkali-kali sampai bersih benar. Tambahkan perasan lemon, minyak zaitun, dan sedikit garam.

Apel Panggang


Cuci dan buang bagian tengah apel. Campurkan empat sendok makan gula dan satu sendok bubuk kayu manis. Tutup bagian bawah lubang tengah apel dengan irisan mentega lalu tuang campuran gula tadi dari bagian atas. Masukkan ke dalam oven dan panggang.


Roti Mengeras? Masak.


Roti yang lama bisa mengeras, tapi masih bisa dimakan. Taruh di atas piring lalu percikkan air ke atasnya, dan tambahkan minyak zaitun dan garam. Sembari melakukan itu, didihkan air. Ketika air sudah mendidih, tuang ke atas potongan roti sampai rotinya lembek. Tumbuk roti sampai airnya terserap habis. Tambahkan garam bila perlu.

Pasta Kacang Polong


Pasta dengan kacang polong adakah menu yang sangat sederhana tapi sehat. Kupas kentang dan potong dadu. Begitu juga bawang. Goreng kentang dan bawang dengan minyak zaitun lalu masukkan kacang polong, air, garam, dan lada. Ketika air mendidih, masukkan pasta dan aduk rata. Pada masa sulit, setelah mendidih biasanya api dimatikan sehingga campuran panas ini memasak sendiri pasta itu. 

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.