Minggu, 30 Juni 2013

Menikmati Museum di Indonesia, Kini Bisa Pakai Gadget!

img


Sekarang traveler tak perlu repot mencari brosur atau mencatat informasi saat berkunjung ke museum. Ada penjelasan audiovisual yang bisa Anda lihat dan dengar lewat gadget, mulai dari lokasi sampai koleksi museumnya.

Dell Indonesia berkolaborasi dengan Museum Bercerita membuat The Museum Project. Ini adalah penjelasan berbentuk audiovisual tentang museum-museum di Indonesia. Traveler kini bisa menikmatinya di gadget masing-masing dengan men-downloadnya di situs The Museum Project.

"Kebanyakan orang malas pergi ke museum karena kumuh dan membingungkan. Jadi kita bekerjasama membuat project ini agar orang suka datang ke museum," tutur Sigi Wimala, mantan Duta Museum sekaligus pencetus ide Museum Bercerita dalam jumpa pers di Auditorium Museum Bank Indonesia, Jl Pintu Besar Utara No 3, Jakarta Barat, Minggu (30/6/2013).

Kini lewat gadget, traveler bisa melihat foto virtual tentang apa saja isi keseluruhan lokasi detil sebuah museum. Sementara audio guide berisi kisah museum yang diceritakan secara santai dan mudah dipahami.

Sejauh ini museum yang sudah punya audio guide baru Museum Nasional. Sigi mengatakan, Museum Nasional paling mudah dijangkau dari banyak tempat dan banyak koleksinya. Rencananya, audio guide akan diluncurkan setelah hari raya Idul Fitri bulan Agustus 2013 mendatang.

"Audio guide ini nanti bisa didownload di website Museum Bercerita dalam bentuk file MP3," ucap Sigi sambil menunjukkan contoh file audio.

Sementara itu untuk foto virtual, baru beberapa museum yang bisa dinikmati traveler. Ada Museum Bank Indonesia di Jakarta, Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung, dan Museum Negeri di NTB. Semuanya bisa Anda lihat di situs The Museum Project mulai sekarang.

Proyek audio visual ini menurut salah satu penggagasnya, Riefa Istamar, karena museum di Indonesia tertinggal dalam sisi teknologi informasi. Di luar negeri, banyak museum memakai teknologi digital untuk menyampaikan informasi koleksi museum.

"Awalnya saya sirik dengan museum di luar negeri, karena semua tentang museum di sana diceritakan melalui digitalisasi," ungkap Riefa.

Peresmian situs The Museum Project hari ini juga mengikutsertakan 50 peserta komunitas ibu dan anak di Jakarta berkeliling Museum Bank Indonesia. Saat ini Indonesia punya sektiar 285 museum, dengan koleksi beragam dan bernilai sejarah tinggi.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.