Kamis, 27 Juni 2013

Ini Sebabnya Pria Jelalatan Saat Melihat Wanita



Para perempuan seringkali kesal melihat pasangannya bermata jelalatan, selalu melirik perempuan yang lewat di depan mata. Menurut sebuah penelitian, naluri ini wajar dimiliki laki-laki karena proses evolusi. Laki-laki terprogram mencari pasangan sebanyak-banyaknya.

Penelitian yang dilakukan psikolog tersebut menunjukkan bahwa perempuan baru tertarik kepada laki-laki jika wajahnya familiar. Namun pada laki-laki justru sebaliknya, mereka cenderung menilai perempuan yang belum pernah dilihat lebih menarik.

Para peneliti melakukan serangkaian penelitian untuk mengukur perubahan daya tarik. Sebanyak 83 perempuan dan 65 laki-laki ditunjukkan foto 5 laki-laki dan 5 perempuan. Kesemuanya diminta menuliskan penilaian tentang daya tarik orang dalam foto dalam skala 7 poin.

Para peserta lalu ditunjukkan foto untuk kedua kalinya, tapi juga ditunjukkan foto wajah lain yang belum pernah dilihat sebelumnya untuk mengalihkan perhatian. Hasilnya, perempuan menilai wajah laki-laki dalam foto lebih menarik ketika ditunjukkan untuk kedua kalinya karena terasa lebih akrab.

Sedangkan pada laki-laki, laporan yang dimuat jurnal Archives of Sexual Behaviour menjelaskan bahwa mereka menilai bahwa wajah perempuan dalam foto menarik. Namun, laki-laki akan menilai perempuan dalam foto jadi kurang menarik ketika melihat ada foto perempuan yang baru.

"Laki-laki menganggap wajah pasangannya kurang menarik dan kurang seksi, terutama untuk hubungan jangka pendek. Ada kecenderungan bagi laki-laki untuk mengejar banyak pasangan karena dapat meningkatkan keberhasilan reproduksinya dengan mengawini beberapa perempuan," kata Anthony Little dari Stirling University School of Natural Sciences seperti dilansir Daily Mail, Kamis (27/6/2013).

Dalam penelitian lain, peserta diperlihatkan foto wajah dan diminta menilai apakah orang dalam foto cukup seksi dan bisa dipercaya. Ketika percobaan diulang untuk kedua kalinya, perempuan menilai wajah laki-laki yang familiar lebih dapat dipercaya dan seksi. Sedangkan pada laki-laki, penilaiannya jadi menurun.

Temuan dari University of Stirling dan University of Glasgow ini memberi pemahaman baru bagaimana kedua jenis kelamin memandang wajah. Menurut para peneliti, nampaknya laki-laki telah berevolusi memaksimalkan keberhasilan reproduksinya dengan mengawini sebanyak mungkin pasangan.

Menurut para peneliti, hasil temuan ini nampaknya dipengaruhi juga oleh efek Coolidge, yaitu laki-laki lebih tertarik oleh pasangan seksual yang baru ketimbang perempuan.Tapi dari segi kepraktisan, tidak masuk akal bisa membesarkan anak dari banyak perempuan berbeda.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.