Jumat, 31 Januari 2014

Sajian Tradisional Tahun Baru Imlek di Korea



Terinspirasi dari tahun baru imlek, Korea juga merayakan tahun baru yang dikenal dengan nama seollal. Seollal juga dirayakan untuk berkumpul bersama keluarga. Tentu saja ada beragam hidangan unik yang disajikan.

Seperti yang dilansir di situs Soompi, berikut ini adalah 10 makanan Korea yang biasanya disajikan saat hari raya Seollal.


1. Tteokguk
Tteokguk adalah sup tradisional Korea yang menjadi makanan paling wajib disajikan saat seollal. Sup ini berisi kaldu sapi dengan irisan kue beras (tteok). Makan tteokguk saat seollal dipercaya akan mendapatkan keberuntungan dan tambahan satu tahun umur hidup.

2. Galbijjim
Galbijjim adalah daging iga sapi atau babi yang dimasak dengan cara dikukus. Daging iga terlebih dahulu dikukus dengan kecap, minyak wijen, daun bawang, merica, dan gula. Lalu dikukus secara perlahan hingga kuahnya meresap.

3. Japchae
Japchae adalah hidangan yang terbuat dari bihun bening berbahan dasar ubi yang dtumis dengan sayuran, daging sapi, kecap, gula, dan minyak wijen. Hidangan ini bisa disajikan dalam keadaan dingin atau panas.

4. Namul Tiga Warna
Saat seollal, keluarga Korea akan makan pendamping berupa sayur (namul) yang disajikan tiga warna, yaitu hijau, putih dan cokelat. Sayuran berwarna hijau (sigemchi namul) terbuat dari bayam dan daun bawang yang ditumis dengan bawang putih. Sedangkan sayuran berwarna cokelat (gosari namul) terbuat dari akar pakis goreng yang dimasak hingga lunak, dan sayuran warna putih (doraji namul) terbuat dari akar bunga balon.

5. Jeon
Jeon adalah pancake a la Korea yang terdiri dari adonan tepung dengan isian seperti daging, seafood, sayuran, dan lain-lain. Bentukn ya lebih mirip dengan bakwan khas Indonesia, namun digorengnya dengan teknik pan-fried.

6.Yaksik
Yaksik sebenarnya adalah sebuah makanan obat yang terbuat dari beras ketan, chestnut, jujube, dan kacang pinus, dan dibumbui dengan gula merah, kecap, dan minyak wijen. Sebenarnya yaksik biasa dimakan saat tanggal 15 bulan pertama setelah tahun baru Seollal (capgomeh di China).

7. Dong Geu Rang Ddaeng
Dong Geu Rang Ddaeng secara bahasa memiliki arti ‘bentuk bulat’. Hidangan ini sebenarnya adalah jeon (pancake) versi lebih tebal dan memiliki bentuk yang sangat bulat. Dong Geu Rang Ddaeng dibuat dari adonan tepung dengan isian daging babi atau sapi, dan sayuran, lalu digoreng.

8. Yakgwa
Yakgwa adalah biskuit khas Korea yang terbuat dari madu, minyak wijen, dan tepung terigu. Biskuit ini dianggap sebagai obat tradisional karena mengandung madu yang sangat banyak.

9.Sujeonggwa
Sujeonggwa adalah fruit punch tradisional a la Korea. Memiliki warna cokelat kemerahan dan terbuat dari sari kesemek kering, kayu manis, jahe, lada, dan kacang pinus.

10.Tteokgalbi
Tteokgalbi agak mirip dengan sajian meatloaf yang biasa dimakan di negara-negara Barat. Namun, Korea meatloaf sebenarnya merupakan campuran daging iga sapi dan babi cincang yang dibentuk persegi panjang, lalu dipanggang.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.