Rabu, 08 Januari 2014

5 Film Terbaik Golden Globe 2014


Ajang penghargaan bagi insan film dan televisi Golden Globe 2014 sudah mengumumkan daftar nominasinya pada 12 Desember lalu. Berikut ini lima film terbaik yang akan memperebutkan piala pada 12 Januari mendatang. Film apa yang Anda jagokan?

1. 12 Years a Slave

Drama sejarah '12 Years A Slave' bercerita tentang kisah nyata Solomon Northup, pria kulit hitam yang kemerdekaannya dirampas kemudian dijadikan budak. Sutradara Steve McQueen menampilkan sederet bintang film kelas A sebagai pemain utamanya seperti, Michael Fassbender, Benedict Cumberbatch, Brad Pitt dan Quvenzhane Wallis.

'12 Years a Slave' yang berhasil membawa pulang penghargaan People's Choice Award di Festival Film Toronto 2013 itu mendapat nominasi Golden Globe di kategori Best motion picture (drama), Best Actor in a motion picture (drama) - Chiwetel Ejiofor, Best Director – Steve McQueen, Best Screenplay - John Ridley, Best supporting Actress in a motion picture - Lupita Nyong'o, Best supporting Actor in a motion picture - Michael Fassbender, dan Best Original Score – Hans Zimmer. 


2. Captain Phillips

'Captain Phillip' adalah film pseudo-biographical dari Captain Richard Phillips yang disandera perompak Somalia saat pembajakan Maersk Alabama pada 2009 lalu. Film ini diadaptasi dari buku yang ditulis sang kapten berjudul 'A Captain's Duty: Somali Pirates, Navy SEALs, and Dangerous Days at Sea (2010).'

Sutradara Paul Greengrass berhasil menyuguhkan ketegangan yang membawa penonton seolah-olah berada dalam situasi hidup dan mati bersama para awak kapal. Kapal besar, hamparan laut luas, serta proses pendudukan kapal kargo oleh perompak dirinci dengan detail. Tom Hanks menjadi pemeran utama dengan Barkhad Abdi sebagai perompak Somalia yang kurus, namun menakutkan.


3. Gravity

Sebagian besar dari 91 menit durasi film 'Gravity', mungkin hanya berkutat pada George Clooney dan Sandra Bullock. Latar yang diambil dalam film pun 'cuma' hamparan luas tanpa batas di luar angkasa. Tetapi, sedetik pun tak ada waktu yang terbuang sia-sia bila Anda menonton film ini.

Sutradara Alfonso Cuaron tak hanya memberikan pengalaman pada penonton untuk berjalan-jalan di luar angkasa yang senyap tanpa suara, dan melihat sisi lain keindahan bumi. Bersama penulis Jonas Cuaron, ia juga mengeksplorasi perubahan psikologis dan ketahanan pasca bencana pada dua karakter utamanya.


4. Philomena

Film drama komedi arahan sutradara Stephen Frears ini berhasil membuat Steve Coogan dan Jeff Pope memenangkan penghargaan kategori Best Screenplay di Venice International Film Festival ke-70.

Film diadaptasi dari buku The Lost Child of Philomena Lee karya Martin Sixsmith. Film bercerita tentang kisah nyata pencarian seorang ibu selama 50 tahun untuk menemukan anaknya.


5. Rush

'Rush' ditulis oleh Peter Morgan yang terkenal lewat 'The Queen' dan 'Frost/Nixon'. Film tersebut bercerita tentang peraih tiga juara F1 Niki Lauda yang kembali balapan usai kecelakaan maut dengan Ferrari-nya pada 1976.

Hemsworth berperan sebagai pembalap Inggris bernama James Hunt yang merupakan saingan berat Niki Lauda dalam mengejar titel juara. Dikenal sebagai 'Hunt the Shunt', sang pembalap berhasil mengambil hati publik Inggris dengan sikap cueknya. Konon, ia telah meniduri 5 ribu wanita dalam hidupnya.

James Hunt meninggal dunia karena sakit jantung pada 1993 silam di usia 45 tahun. Ia dikenal sebagai salah satu pembalap F1 yang berjaya di era 70-an, dan merebut titel juara dunia dari Lauda pada 1976.

Film arahan sutradara Ron Howard ini juga dibintangi oleh Olivia Wilde, Alexandra Maria Lara, Natalie Dormer, dan Christian McKay. Selain Howard yang juga menyutradarai 'The Da Vinci Code', film ini juga melibatkan Hanz Zimmer (musik) dan Anthony Dod Mantle (sinematografi).


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.