Minggu, 19 Januari 2014

Lima Karya Seni Menakjubkan Dari Uang


Mata uang baik yang terbuat dari kertas maupun koin menjadi satu-satunya alat pertukaran dalam dagang. Namun, ternyata uang juga bisa menjadi karya seni yang menakjubkan. 

Kreatifitas dan imajinasi para seniman Amerika Serikat ini mampu membuat hal yang luar biasa. Mulai dari gaun sampai pistol uang. Berikut di antaranya seperti dikutip dari situs accounting-degree, yaitu:


1. Gaun Uang Karya Dave Cole

Karya ini dipakai oleh seniman patung dan instalasi asal Amerika  instalasi Dave Cole. Ia menggunakan 1.124 lembang uang kertas 1 dolar. Lalu merajutnya sendiri menggunakan tangan. 

Gaun tersebut dipamerkan saat acara penggalangan dana. Sayangnya pada 2006 silam tidak dijual bagi publik. Cole membuatnya dalam pencampuran elemen buatan tangan dan industri. 


2. Kerangka Bangunan Uang

Pembuatnya adalah Stephen Doyle, seorang perusahaan direktur kreatif perusahaan desain. Ia mampu menciptakan karya seni patung kertas yang rumit dan jika dijual harganya akan sangat mahal. 

Karya terakhirnya adalah yang menjadi sampul dari Majalah Wired edisi Maret 2010. Ia membuatnya dari uang kertas empat dolar yang dipotong dan dilipat menjadi pola baru. Doyle sama sekali tidak membuat contoh kerangka sebelumnya.


3. Patung Ikan Koi

Seniman yang tinggal di Honolulu, Won Taman ini memang disebut sebagai 'master origami'. Patung ikan koi ini terdiri dari uang 1 dollar. 

Dua tahun lalu, Won Park meluncurkan buku rahasia bagaimana cara memuat kreasi fantastisnya. Ia menjadikan ikan koi ini menjadi tampak tak biasa.


4. Lukisan Uang Donald Trump

Potret dari pengusaha kaya raya, Donald Trump ini dibuat oleh seniman asal California, Sean Diediker. Ia menciptakan potongan lembaran uang 1 dollar dengan hati-hati. Serta menempatkannya dengan komposisi yang memadai. 

Tokoh yang pernah dibuatkan karya serupa adalah Frank Sinatra, Barack Obama, dan mantan Presiden Amerika Serikat George Washington dan Abrahan Lincoln.


5. Tengkorak Uang 'Pice de Resistance'

Seniman asal Brooklyn, SCott Campbell sebenarnya adalah seniman tato. Karya-karya seninya ini merupakan bagian dari perlawanan. Ia membuat karya seni instalasi berbentuk tengkorak yang terbentuk dari lipatan lembaran uang. 

Tak hanya tengkoraknya saja yang dibuat dari uang. Namun, kotak penyimpanan tengkoraknya juga ditempelkan uang. Ia pun pernah membuat boneka beruang tersenyum dari lembaran uang. 


Sumber:  Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.