Minggu, 22 September 2013

Sssstt! Dilarang Bersuara Saat Makan di Restoran Ini

thumbnail


Sebuah restoran di Brooklyn, Amerika Serikat menggelar jamuan hening. Dalam waktu lebih dari satu jam, para pengunjung harus menikmati hidangannya tanpa bersuara, Jika melanggar, mereka harus menikmati makanan di luar!

Jamuan hening ini merupakan program bulanan yang digelar oleh restoran Eat di Greenpoint, Brooklyn. Pada Minggu (15/07/2013) lalu restoran ini mengadakan jamuan dengan 17 pengunjung yang membayar $40 atau sekitar Rp 454.000 untuk empat hidangan. Mereka menikmati hidangan tanpa mengeluarkan suara selama 90 menit.

Managing chef sekaligus perencana acara di Eats, Nicholas Naunman menyatakan ia terinspirasi untuk menngadakan jamuan ini setelah mengikuti ritual sarapan hening di biara Budha India yang terletak di Bodh Gaya. Ia ingin para pengunjung mencoba pengalaman makan tanpa gangguan.

“Kami ingin memberikan perhatian pada sifat fisik dan mendalam saat mengonsumsi makanan dan lebih sedikit gangguan dari konsep restoran yang ada saat ini,” tutur Nicholas kepada Wall Street Journal (21/09/2013).

Sebelumnya, konsep restoran berisik merupakan sebuah trend yang berkembang di Amerika Serikat. Salah satunya adalah restoran A-Frame di Los Angeles,predikat sebagai salah satu restoran paling berisik. Bukan main-main karena tingkat kebisingan restoran tersebut mencapai 9 desimal. Setara dengan suara Boeing 737 yang lepas landas dari jarak 91 meter.

Dalam jamuan ini, saat para pengunjung masuk, mereka masih boleh bercicara satu sama lain. Tepat pukul 20.04 Nicholas langsung mengumumkan kesempatan mereka bebicara sudah habis dan jamuan hening pun dimulai.

Appetizer berupa summer squash chili basil soup mulai disajikan dan tidak ada yang terdengar menyuruput hidangan. Mulai 20.20, para pengunjung mulai gelisah dan beberapa terdengar berdeham.
Mereka harus menahan bersuara, karena hukumannya adalah membawa hidangan utama mereka ke luar yang suasana jauh lebih berisik.

Akhirnya, tepat pukul 21.34, Nicholas mengatakan terimakasih sebagai penanda jamuan hening sudah berakhir. Para pengunjung langsung bernafas lega dan dengan spontan bertepuk tangan dan mengobrol satu sama lain.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.