Kamis, 19 September 2013

Ini Dia Rahasia Hidup Bahagia



orang berpikir bahwa kunci untuk bahagia memerlukan uang, ataupun kekayaan yang berlimpah. Namun ternyata bukan itu lho. Bahkan untuk menjadi orang yang bahagia Anda hanya perlu dikelilingi oleh orang yang bahagia dan terus bersyukur

Dikutip dari Huffington Post, Kamis (19/9/2013), berikut adalah rahasia-rahasia untuk menjadi orang yang bahagia.

1. Tidak Memberi Senyum Palsu

Meskipun di saat Anda tidak merasakan begitu gembira, cobalah untuk menanamkan pikiran bahagia, lalu tersenyumlah. Dengan tersenyum saat memikirkan hal yang menyenangkan bisa meningkatkan tingkat kebahagian Anda dan membuat Anda lebih produktif, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan Academy of Management Journal. 

Penting untuk melakukan senyuman asli. Karena penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa memberikan senyuman palsu sementara sedang dalam emosi negatif sebenarnya bisa lebih memperburuk mood Anda.

2. Tanamkan Kegembiraan

Menurut seorang ahli psikologi bernama Peter Kramer, kegembiraan, bukan kebahagiaan, adalah lawan dari depresi. Orang yang bahagia tahu bagaimana cara untuk bangkit kembali dari kegagalan. Kegembiraan seperti lapisan untuk kesulitan yang takterelakan yang pasti akan dialami manusia. 

Lakukanlah seperti yang dikatakan dalam peribahasa orang Jepang, "Jatuh tujuh kali, bangun delapan kali." Dengan begitu jika Anda mengalami kegagalan, Anda akan terus bangkit dan kembali bersemangat.

3. Coba Untuk Selalu Bahagia

Terdengar mudah bukan? CObalah untuk selalu bahagia. Maka Anda dapat meningkatkan kesejahteraan emosi Anda. Menurut dua penelitian terbaru dalan Journal of Positive Psychology, orang yang secara aktif berusaha untuk lebih bahagia dalam laporan penelitian tersebut memiliki tingkat mood positif paling tinggi dengan berpikir bahwa dirinya bahagia.

4. Bersyukur

Orang yang bahagia dalam hidupnya biasanya bersyukur dan menghargai tiap hal sederhana. Seperti bermain dengan binatang peliharaan, makan es krim, jalan di taman, berbagi dengan sesama, hal-hal yang sederhana namun bisa membuat mereka bersyukur dan bahagia. Mereka mencari arti di dalam hal-hal kecil, dan berlatih bersyukur atas semua yang Anda dapatkan akan berkaitan dengan rasa bahagia keseluruhan.

5. Berbagi

Meskipun hanya ada 24 jam dalam sehari, orang yang positif akan mengisi waktu tersebut dengan berbuat baik kepada orang lain, yang mana sebagai imbalannya, hal baik tersebut akan berbuah kebaikan yang lebih untuk dirinya. Dalam sebuah penelitian jangkka panjang yang disebut American Changing Lives mengatakan, "Orang yang bekerja sebagai relawan akan lebih bahagia dan mengalami kesehatan fisik yang lebih baik dan depresi menurun." 

6. Memberikan Sumbangan

Lagi-lagi tentang berbagi. Orang yang bahagia akan berbagi dengan orang lain, baik dalam bentuk uang ataupun makanan. Karena disadari atau tidak, berbagi dengan orang lain dan melihat orang lain senang atau bahagia atas bantuan kita bisa membuat diri ikut merasa bahagia. Sebuah penelitian menemmukan bahwa dengan menyumbangkan uang kepada orang lain telah memberikan dampak langsung pada kebahagian dibandingkan dengan menghabiskan uang sendirian.

7. Mendengarkan Orang Lain

"Ketika Anda mendengarkan orang lain berbicara Anda membuka kemampuan Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan dibandingkan dengan hanya menutupi dunia dengan kata-kata dan pikiran Anda yang negatif dan mengganggu Anda," tulis David Mezzapelle, penulis Contagious Optimism.

"Anda juga dapat menunjukkan kepercayaan diri dan menghargai orang lain. Pengetahuan dan rasa percaya diri adalah bukti bahwa Anda aman dan positif engan diri sendiri sehingga bisa memancarkan energi positif," ujar David.

8. Menjunjung Tinggi Hubungan Baik

Memiliki hubungan baik dengan orang banyak, selain akan memberikan banyak keuntungan dalam hidup, ternyata juga merupakan salah satu kunci atau rahasia untuk bahagia. Tidak perlu mengunjungi sanak saudara ataupun teman ke luar negeri ataupun daerah, dengan adanya berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Anda tetap bisa menjalin hubungan baik. Baik sekadar menyapa ataupun menanyakan kabar. Mudah bukan?

9. Biarkan Diri Lupa Waktu

Bila Anda tenggelam dalam melakukan seuatu kegiatan yang secara bersamaan terasa menantang, menyegarkan dan bermakna, itu artinya Anda sedang menjalankan hal menyenangkan yang disebut "mengalir". Jika Anda mengalami hal seperti itu di mana Anda tenggalam dalam satu kegiatan, yang berhubungan dengan perkerjaan, dan membiarkannya mengalir atau berjalan sampai lupa waktu, maka berbahagialah. Karena kegiatan yang membuat Anda lupa waktu ini bisa membawa Anda ke kesuksesan.

Seperti yang dijelaskan dalam film Pursuit of Happiness, "Agar kebahagiaan atas kemegahan bisa terjadi, Anda harus melihat dan mengerjakan kegiatan tersebut dengan sukarela, menyenangkan. Hal tesebut harus membutuhkan keterampilan dan menantang dengan tujuan yang jelas menuju sukses."

10. Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-orang Bahagia

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata rasa senang bisa menular. Penelitian Framingham Heart Study yang menyelidiki penyebaran kebahagian lebih dari 20 tahun menemukan bahwa mereka yang dikelilingi oleh orang-orang bahagia akan lebih mungkin untuk menjadi bahagia di masa depan.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.