Kamis, 26 September 2013

Sabun Batang, Sabun Cair, atau Hand Sanitizer yang Paling Sehat?



Di zaman dengan teknologi yang demikin maju seperti saat ini, berbagai jenis pencuci tangan dijual di pasaran. Ada sabun yang bentuknya 'klasik' berupa batangan, sabun cair, hingga hand sanitizer yang tak memerlukan bilasan air.Mana yang paling efektif membersihkan tangan dari bakteri?

dr Wani Devita Gunardi, SpMK, ahli mikrobiologi Eka Hospital, menjelaskan perbedaan ketiga jenis sabun tersebut. Hal ini ia sampaikan dalam konferensi pers Lifebuoy dan Eka Hospital bertajuk 'Pecahkan Rekor MURI Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa SD Terbanyak di Indonesia'. Acara ini digelar di ruangan Paseo lantai 39, Sinar Mas Land Plaza, Jl M.H Thamrin No 51, Jakarta, Kamis (26/9/2013). 

"Sabun batang memang tidak selalu diletakkan di tempat tertutup, sehingga banyak penelitian yang menemukan ada bakteri yang menempel di permukaannya. Kalau sabun cair memang lebih higienis, karena tidak terkontaminasi bakteri dari luar," jelas dr Wani.

Ia menambahkan hand sanitizer hanya boleh digunakan jika tangan tidak tampak kotor. Apabila kotoran pada tangan cukup tebal hingga dapat terlihat, dr Wani menyarankan sebaiknya mencuci tangan pakai sabun.

Pada kesempatan tersebut, dr Wani juga menjelaskan bagaimana mengeringkan tangan yang efektif. Menurutnya, mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan ataupun tisu sama baiknya. Yang harus diperhatikan adalah memastikan tangan benar-benar kering.

"Menggunakan mesin pengering tangan boleh, asal benar-benar kering. Kalau masih basah, mungkin masih ada bakteri, dan risiko 'tertempel' bakteri lain juga lebih besar lagi," ucap dr Wani.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.