Selasa, 17 September 2013

Mau Meracik Sushi Sendiri? Siapkan Bahan-bahan Ini!

Bila tak sempat berkunjung ke restoran sushi favorit, Anda bisa membuat sushi sendiri di rumah. Siapkan alat dan pelengkapnya agar sushi tampil cantik seperti di restoran.


Sebelum itu, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan penting ini supaya sushi buatan Anda makin terasa lezat.


1. Seafood
Seafood biasa digunakan sebagai topping (neta) sushi. Jenisnyapun beragam, mulai dari ikan, moluska, serta hewan laut jenis krustasea dan echinodermata. Ikan yang paling sering digunakan adalah salmon (shake), tuna (maguro), ikan ekor kuning (buri), dan belut. Beberapa orang juga menyukai seafood jenis moluska, seperti gurita (takko), cumi (ika), dan kerang. Tak kalah favorit, udang (ebi), kepiting (kani), dan teripang (namako) juga digunakan sebagai topping sushi.

2. Cuka Sushi
Nasi merupakan bahan penting dalam pembuatan sushi. Nasi sushi dibuat dari campuran nasi putih dan cuka sushi (sushi-su) yang terbuat dari cuka beras, garam, dan gula pasir. Untuk 1500 gram nasi putih kira-kira membutuhkan 100 ml cuka sushi yang didapat dari campuran 90 ml cuka beras, 15 gram garam, dan 40 gram gula pasir. Resep pembuatan cuka sushi bisa dilihat disini.

3. Nori
Nori merupakan rumput laut jenis alga merah (Porphyra) yang telah dipanggang dan berbentuk lembaran tipis seperti kertas. Fungsi nori adalah merekatkan nasi dan aneka isian sushi sehingga mudah dibentuk. Lembaran hijau ini juga kaya akan protein dan serat. Setelah membeli lembaran nori, pastikan Anda menyimpannya di tempat kering agar nantinya nori melempem atau jamuran.

4. Sayuran
Sayuran membuat sushi terasa lebih segar dan kaya akan vitamin. Sayuran yang sering digunakan saat membuat sushi adalah mentimun dan wortel. Namun, beberapa sayuran khas Jepang juga sering ditambahkan, seperti timun jepang (kyuri), lobak daikon yang terasa pedas manis, daun shiso yang terasa seperti daun mint, dan wasabi root yang diparut sebagai bumbu sushi.

5. Telur Ikan
Telur ikan sering disajikan sebagai topping ataupun isian sushi. Jenis-jenis telur ikan, antara lain telur ikan capelin (masago), telur ikan terbang (tobiko), telur ikan salmon (ikura), dan telur ikan pollock (mentaiko). Masago berwarna oranye gelap dan sering digunakan sebagai topping nigiri. Sedangkan tobiko berwarna oranye transparan dan terasa renyah saat digigit dimulut. Ikura sering disajikan dalam bentuk gunkan nigiri. Sementara itu, mentaiko sering ditambahkan paprika agar terasa pedas.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.