Jumat, 24 Mei 2013

Hewan Tembus Pandang

Pernahkah Anda bayangkan bisa melihat isi tubuh sendiri? Dengan demikian jika ada yang salah dengan isi tubuh, Anda tinggal melongok sesaat dan nampaklah di mana letak sumber masalahnya.
Sayangnya, tanpa bantuan mesin, hal ini mustahil dilakukan manusia. Tapi bukan artinya makhluk tembus pandang seperti ini tidak ada. Mereka yang dianugerahi tubuh transparan ada di sekitar manusia. Berikut di antaranya:

1. Cyanogaster noctivaga
cyanogaster noctivaga,ikan

Merupakan ikan transparan dari Amazon yang baru ditemukan. Menurut spekulasi, tubuhnya yang transparan dan hanya aktif di malam hari-lah yang membuatnya baru diketemukan saat ini. Selain transparan, ikan ini sangat mungil, hanya 17 milimeter panjangnya. 

2. Kumbang kura-kura emas
kumbang,charidotella sexpunctata


Kumbang dengan nama Latin Charidotella sexpunctata ini juga biasa disebut "kumbang emas". Ukurannya yang hanya lima hingga delapan milimeter menjadikannya makhluk paling transparan terkecil. Spesies ini juga bisa berubah warna dari emas ke perak kemerahan sepanjang tahun.

3. Kodok kaca

 kodok,hyalinobatrachium pellucidum




Hyalinobatrachium pellucidum, atau kodok kaca adalah spesies asli dari hutan di Ekuador.  Saking pucatnya kulit hijau dari spesies ini hingga membuat mayoritas organ vitalnya terlihat jelas. Sayangnya, spesies ini terancam punah karena habitatnya rusak.

4. Malaikat laut

moluska,laut

Spesies malaikat laut merupakan moluska dari Samudra Arktika dengan nama sains Gymnosomata yang diambil dari bahasa Yunani berarti "tubuh telanjang". Dari tampilannya, spesies ini digambarkan "menakutkan namun menakjubkan".



5. Salamander barton springs 
salamander,eurycea sosorum

Sekumpulan mata air alami di Austin, Texas, Amerika Serikat, bernama Barton Springs, memiliki spesies unik dalam wujud salamander barton springs (Eurycea sosorum). Ini merupakan spesies kecil dengan  kulit tembus pandang coklat kemerahan. Sehingga telur atau apapun yang baru dimakannya, bisa terlihat.

Salamander ini bergantung pada air segar yang bebas polusi dari mata air Barton Springs dan tidak ditemukan lagi di tempat lain di dunia. Ini membuatnya masuk dalam daftar spesies terancam punah sejak 1997.


6. Berudu bening

berudu,kodok


Berudu dari Kosta Rika ini memiliki kulit bening hingga menunjukkan usunya yang melingkar di dalam tubuh. Dalam pandangan sekilas, tampilannya mirip makhluk rekaan dari kartun. Namun, spesies ini nyata adanya.

7. Larva cumi-cumi
cumi,larva



Larva cumi-cumi ini menampilkan tubuhnya yang tembus pandang yang miliki perpaduan permainan warna dalam ukuran sama.

8. Kepompong kupu-kupu raja

kepompong,kupukupu


Dalam usia pertumbuhan yang masih ringkih, kupu-kupu raja menampilkan isi tubuhnya yang luar biasa. Berupa warna orange cantik dengan ruas-ruas sayap yang mengintip dari balik selubung bening.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.