Senin, 13 Mei 2013

5 Persen Kecelakaan Motor Terjadi Karena Pakai Jas Hujan Ponco


Menggunakan jas hujan model ponco memang membahayakan atau menjadi musuh utama bagi para pengendara motor. Sekitar 5 persen kecelakaan motor terjadi karena penggunaan jas hujan ponco.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Penegakan Hukum (Gakum) Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Hindarsono.

"Datanya belum kita kumpulkan dengan jelas tapi setidaknya kurang dari 5 persen kecelakaan lalu lintas khususnya pengguna motor diakibatkan oleh penggunaan jas hujan model ponco," ujar AKBP Hindarsono kepada detikOto, Senin (13/5/2013).

Meski kurang dari 5 persen, penggunaan jas hujan model ponco tetap saja berbahaya. Masyarakat jangan menilai angka kecelakaannya yang minim namun dilihat dari bahayanya itu yang dapat merenggut nyawa seseorang.

"Angkanya boleh dibilang sangat minim dibanding kecelakaan yang diakibatkan oleh hal lain tapi ingat bahayanya itu jauh lebih penting," tandasnya.

Data dari Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) tahun 2012 memperlihatkan angka kecelakaan sepeda motor mencapai 111.015 unit. Namun, angka kecelakaan motor ini berkurang dari tahun sebelumnya yang berada di angka 151.591 unit.

Menyikapi fenomena penggunaan jas hujan oleh pengendara motor, hal ini terjadi karena masyarakat belum paham sepenuhnya mengenai keamanan berkendara.

"Ini merupakan paradigma masyarakat kita, mereka hanya mengendarai motor saja, tapi dasar-dasarnya lemah," kata Training Director Jakarta Defensive Driving Center (JDDC), Jusri Pulubuhu.

Jusri menuturkan pengendara motor hanya memikirkan skill berkendara, tanpa memperhatikan pemilihan jas hujan yang tepat sebelum berkendara.

"Mereka hanya tahu bisa menggunakannya (mengendarai motor) dan hanya memiliki jas hujan (jas hujan ponco). Ini menandakan pengendara di Indonesia sangat lemah akan pemahaman safety riding," ujarnya.

"Lebih lucu lagi, masih banyak pengendara hanya menggunakan jas hujan dengan plastik saja. Padahal sudah pasti itu akan membuat mereka kebasahan, sebaiknya setiap pengendara menghindari penggunaan jas hujan 1 piece (ponco). Dan lebih memilih untuk menggunakan jas hujan 2 piece (baju dan celana terpisah)," tambahnya.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.