Rabu, 22 Mei 2013

Cara Atasi Cemburu Berlebihan Agar Pernikahan Tetap Langgeng

img

Cemburu yang berlebihan seringkali menjadi konflik dalam kehidupan rumah tangga. Kesalahan pasangan di masa lalu, buat Anda sulit mempercayainya kembali. Lalu bagaimana cara mengatasinya?
Menurut Dr Phil, psikolog yang sering menjadi pembicara dalam acara talkshow Oprah, rasa cemburu yang berlebihan bisa diatasi. Namun tentu saja tidak mudah dan memerlukan waktu. Coba tanyakan beberapa hal ini kepada diri Anda, dan simak saran Dr Phil.

1. Tanyakan pada diri sendiri apa yang membuat Anda cemburu dan alasan untuk melakukannya. Setiap orang punya cara hidup yang berbeda. Apakah cara Anda adalah dengan merasa cemburu, menuduh atau memantau kegiatan pasangan secara berlebihan? Lalu apa yang membuat Anda melakukan hal itu?

2. Jika jawabannya karena Anda merasa takut dikhianati, Anda justru malah mendorong pasangan kepada titik dimana orang lain berkesempatan untuk mencuri perhatiannya. Bayangkan jika orang lain memperlakukan pasangan dengan rasa hormat tanpa meragukannya setiap jam. Tentu hal itu bisa mempengaruhi hubungan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu khawatir dengan sikap yang dilakukan.

3. Menurut Dr Phil, kecembuaruan merupakan bentuk lain dari kekuasaan dan kontrol. Orang yang cemburu biasanya cenderung mendominasi dan tidak sensitif terhadap dampak yang mereka lakukan pada pasangan. Apakah Anda merasa 'berkuasa' dengan mengatur kegiatan pasangan?

4. Melupakan masa lalu yang buruk, memang tidak mudah. Namun ada banyak cara untuk mengatasinya. Cobalah untuk menghargai pasangan dengan membangun komunikasi yang lebih baik. Misalnya, menceritakan rasa ketakutan dan khawatir kepada pasangan.
Anda mungkin tidak bisa setiap saat berada di samping si dia, tapi Anda bisa membuat pasangan ingin selalu bersama Anda.


Sumber: Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.