Sabtu, 27 Juli 2013

Mie Cup Mana yang Paling Mantap untuk Berbuka?

thumbnail


Mie cup sering jadi pilihan praktis, murah, dan mengenyangkan di saat darurat. Tinggal tuang air mendidih, mie berkuah panas tersaji dalam hitungan menit. Bisa jadi santapan sahur, berbuka dadakan, atau saat begadang! 

Mie cup mungkin bisa dikatakan sebagai bentuk lebih praktis dari mie instan. Bumbu, minyak, serbuk cabai, sayuran kering, dan bawang gorengnya sudah disediakan. Begitupula dengan wadah dan garpu plastik lipatnya. Mienya cenderung lebih halus, jadi cepat mekar jika disiram air panas.

Di pasaran ada banyak merek mie cup lokal, belum lagi yang impor. Semuanya bersaing meraih konsumen dengan mempromosikan keunggulannya masing-masing. Detikfood mencoba tiga merek yang paling besar, yakni Eat & Go, Mie Sedaap Cup, dan Pop Mie untuk mencari tahu mana yang paling enak.

Agar bisa dibandingkan, Detikfood memilih rasa bakso yang dimiliki ketiga merek tersebut. Harga berikut adalah harga yang berlaku di Carrefour Kota Kasablanka saat ketiga merek mie cup tersebut dibeli pada 21 April 2013. Ketiga mie cup ini kami masak atau seduh sesuai dengan petunjuk dalam kemasan masing-masing produk.

'Eat & Go rasa baso sapi' ukuran 60 gram dijual dengan harga Rp 3.650. Mienya halus namun tak mudah hancur. Saat diseruput, kuahnya yang bening kekuningan kurang terasa bumbunya.

Potongan sayuran hijau, wortel, dan semacam daging ayamnya juga sangat kecil-kecil. Mie cup produksi ABC President ini dilengkapi kerupuk tahu yang mirip kerupuk gendar versi mini.

'Mie Sedaap Cup rasa baso spesial' berukuran paling besar dibanding kedua pesaingnya, yakni 72 gram (Rp 2.770). Dibanding yang lain, mienya lebih bulat-bulat silinder dan karena itu terasa agak kenyal. Kuahnya yang berwarna kemerahan terasa kuat rasa sapinya. Mungkin karena ada tambahan serbuk gurih selain bumbu, serbuk cabai, dan minyaknya.

Potongan sayurnya agak besar-besar. Selain wortel dan daun bawang, adapula selada. Mie cup produksi Wings Food ini juga menyertakan semacam bakso garing kecil-kecil yang disebut 'bal-bal' dalam bungkus sayuran keringnya.

Terakhir, Detikfood mencicipi 'Pop Mie rasa baso' ukuran 57 gram (Rp 2.750). Mienya sangat halus sehingga mudah hancur jika terlalu lama didiamkan. Kuahnya yang berwarna kecokelatan terasa cukup gurih. Namun sayang, wadahnya yang kecil tak bisa menampung kuah banyak-banyak.

Berbeda dengan dua merek lainnya, tak ada minyak di mie cup buatan Indofood ini. Jadi hanya ada bungkus bumbu dan cabai serta bahan pelengkap. Namun, sayuran kering berupa wortel, seledri, dan daun bawangnya cukup banyak. Selain itu juga ada semacam daging sapi kering yang dibentuk bulat-bulat agak besar dan berwarna cokelat.

Setelah mencicipi ketiganya, Detikfood paling menyukai Mie Sedaap Cup. Mienya tak cepat lonyot atau lembek, kuahnyapun terasa kuat rasa daging sapinya. Selain itu, meski berukuran paling besar, harganya relatif lebih murah. Jadi, untuk berbuka kali ini, Anda pilih yang mana?


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.