Sabtu, 20 Juli 2013

Bernyanyi Bisa Memudahkan Anda Belajar Bahasa Asing



Belajar bahasa asing adalah hal yang sangat penting. Selain berguna jika Anda berada di negara tertentu, pastinya akan menjadi nilai lebih untuk Anda ketika melamar pekerjaan.

Nah, jika Anda kesulitan dalam belajar bahasa baru. Anda bisa belajar dengan bernyanyi lho. Sebuah studi baru menemukan bahwa ternyata bernyanyi dalam bahasa asing dapat membantu seseorang dalam belajar bahasa asing, terutama membantu mengucapkan kata asing tersebut.

Dilansir dari Counsel Heal, Sabtu (20/7/2013). Peneliti juga telah menemukan bahwa ternyata orang dewasa yang mendengarkan lagu frase Hungaria dan kembali menyanyikannya justru dapat mengucapkannya dengan lebih baik daripada mereka yang belajar bicara frase.

Studi tersebut juga menemukan bahwa ternyata mereka yang kembali menyanyikan lagu Hungaria tersebut jauh lebih baik daripada mereka yang hanya melaporkan frase Hungaria dengan berbicara.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Edinburgh's School of Music. Peneliti melibatkan tiga kelompok secara acak dari dua puluh orang dewasa. Kemudian mereka diminta untuk mengambil serangkaian tes. Hasilnya adalah grup nyanyi berhasil dengan sangat baik melakukan empat dari lima tes.

Penelitian mengatakan bahwa mereka yang belajar dengan bernyanyi sangat baik dalam mengingat frase Hungaria.

"Studi ini menunjukkan bukti percobaan pertama bahwa metode dengar-dan-ulangi bernyanyi dapat mendukung pembelajaran bahasa asing, dan membuka pintu penelitian masa depan untuk wilayah ini. Satu pertanyaannya adalah apakah melodi dapat memberikan isyarat tambahan untuk ingatan seseorang, membantu mereka mengingat kembali bahasa asing dan frasenya lebih mudah," Papar pimpinan penelitian Dr Karen M. Ludke.

Peneliti mengatakan bahwa mereka memilih bahasa Hungaria untuk studi karena bahasa ini sangat tidak familiar oleh mereka yang berbicara bahasa Inggris dan merupakan bahasa yang sangat sulit. Peneliti juga mengatakan bahwa bahasa Hungaria memiliki struktur yang berbeda dengan Jerman atau bahasa romantis seperti Spanyol dan Prancis.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.