Rabu, 10 Juli 2013

4 Camilan Lezat untuk Meningkatkan Kemampuan Otak

img


Kebiasaan ngemil ternyata bisa meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Dengan catatan, apabila camilan yang dikonsumsi sehat dan mempunyai kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan daya pikir. Saat timbul keinginan untuk ngemil, pertimbangkan untuk memilih empat camilan ini yang bermanfaat bagi otak Anda, seperti dikutip dari She Knows.

1. Chia Seeds
Biji chia biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam kue atau minuman. Selain menambah kelezatan rasa, biji chia memiliki khasiat yang ampuh dalam meningkatkan kemampuan otak. Kaya akan serat, antioksidan, protein dan asam lemak omega-3 yang diketahui mampu meningkatkan fokus dan konsentrasi. Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan biji chia ke dalam smoothie buah-buahan. Campurkan yoghurt, buah dan satu sendok teh biji chia lalu blender hingga halus. Smoothie sehat ini cocok dijadikan sebagai pengganti camilan di siang menjelang sore.

2. Trail Mix
Trail mix biasanya terdiri dari kacang-kacangan dan buah-buahan kering. Cocok dijadikan camilan selama perjalanan, di sela-sela jam makan siang atau sebagai kudapan sore. Penuhi kantung trail mix Anda dengan buah-buahan kering seperti stroberi, blueberry, raspberry atau jenis buah berry yang lainnya. Menurut hasil studi dari Harvard pada 2012, stroberi dan blueberry bisa membantu mengurangi risiko pikun atau alzheimer.

Sementara itu flavonoid yang terkandung dalam buah berry punya khasiat sebagai anti stres dan peradangan. Seperti diketahui, stres berkontribusi besar dalam penurunan fungsi otak. Flavonoid bisa mencegah Anda mengalami stres karena bisa mengurangi serangan radikal bebas yang merusak kesehatan mental maupun fisik.

3. Edamame
Penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan bahwa kandungan protein dalam kedelai atau edamame bisa memengaruhi sistem imun dan hormin yang terkait dengan emosi. Lebih dari itu, kedelai juga berkhasiat meningkatkan fungsi otak. Namun yang perlu diperhatikan, kacang kedelai merupakan produk pangan yang sudah banyak mengalami rekayasa genetik demi keperluan industri. Apabila dikonsumsi terlalu sering bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Oleh sebab itu, konsumsilah edamame secukupnya (maksimal satu mangkok kecil sehari) atau untuk lebih aman, pilih kedelai organik.

4. Putih Telur
Penelitian yang dilakukan Cambridge University menunjukkan, protein yang terdapat dalam putih telur bisa membuat Anda tetap terjaga dan fokus. Makan putih telur juga bisa meningkatkan produksi norepinephrine, hormon yang membuat otak Anda lebih tajam dalam mencerna dan menganalisa informasi. Putih telur baik dikonsumsi sebagai sarapan saat menghadapi ujian, atau akan melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi penuh.


Sumber: Wolipop

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.