Kamis, 25 April 2013

Penipuan SMS Model Baru

Pernahkah anda mendapat SMS tipu-tipu? Dari si emak yg kehabisan pulsa di kantor polisi, si babeh kecelakaan ditabrak (ditabrak sepeda roda tiga) sampe si entong yg katanya masuk rumah sakit (sakit hati iyeh..). Juga kabar gebyar gembira yg katanya kita dapet mobil mewah, tur keliling dunia sampe duit jutaan rupiah (mau duit yah kerja cuy!).
Hnaaaah, kali ini ane pengen share pengalaman pribadi yg bener-bener baru aja terjadi ama adik ane. Penipuannya kali ini semakin canggih euy! Penipunya aja udah upgrade versi, kita ga boleh kalah nih.
Jadi gini, adik ane itu pake BB. Dia tadi siang dapet notifikasi BB yg bentuknya bukan sekedar SMS. Tapi notifikasi yg model seperti kita lagi cek pulsa.

Begini lowh kira-kira:

http://img.1mobile.com/web/screenshot/d/8/ba2bf6e140f185f871879a6742461d3c.png

Tapi bentuknya semacam pilihan menu gitu, dan kita disuruh milih salah satu nomer menunya. Dan kalau kita memberi respon positif, otomatis nanti di inbox kita akan ada satu buah SMS nyasar. Kurang lebih beginilah SMS itu bernyanyi:



Dan benar-benar meyakinkan lowh ini! Ada nomer PIN segala.. Sampai-sampai websitenya memang ada dan bisa diakses, ini saya skrinsut sedikit websitenya mumpung belum diblokir:

Sunguh meyakinkan dengan banner, menu dan gambar yg mirip

Kenapa bukan Jaguar yah?? *egh..

Nah disini kebuka dah kedoknyeh!

Lihat.. Makin canggih saja penipu-penipu ini.. Niat banget sampe buat websitenya segala. Apalagi kalo di mata mereka yg kurang mengerti dunia IT. Jadi saran saya yah sebagai pakar tipu-tipu.. Egh.. Mksdnya pakar  IT:
  1. Lihat siapa yg mengirimkan SMS tersebut, jangan langsung percaya.. Apalagi kalau datang dari nomer yg tidak dikenal.. Udah gitu pake nomer HP biasa yg bisa jadi baru saja dibelinya di emperan.
  2. Ceklah web resmi penyelenggara tersebut. Bukan alamat yg dibuat mirip-mirip. Sekedar tambahan dari web indosat langsung: Peringatan Indosat.
  3. Hubungi nomer telepon resmi operator/penyelenggara anda, jangan tertipu diarahkan ke nomer yang tidak jelas. Nomernya juga ga cantik pula!
  4. Program hadiah jaman sekarang beda dengan jaman jadul dulu (gaul  dunkz sob!). Sekarang sudah sangat jarang yg diminta pajak hadiah ataupun panjer transfer ke suatu rekening. Biasanya yg masih pakai pajak hadiah itu kuis-kuis LIVE di TV (punya TV kan yah?)
Semoga artikel ini bisa berguna yah kawan-kawan. Silakan dishare ke teman-teman yang lain sehingga mereka tidak terkena jebakan betmen seperti ini. Mau duit banyak? Mau mobil bagus? Kerja yang halal broh! Jangan ngarepin gini-ginian...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.