Jumat, 05 April 2013

Latte Art Bunga 3D di Atas Kopi!

Secangkir kopi dengan hiasan cantik di atasnya bisa membuat kita tersenyum. Kebanyakan dekorasi yang disebut latte art ini berbentuk hati atau daun pakis. Namun, di tangan Michael Gibbons, cappuccino bisa hadir dengan hiasan gambar tiga dimensi!
Pada acara 'A New Perspective on Coffee' Kamis (04/04/13), Gibbons membuat beberapa cangkir dan gelas cappuccino hangat dan dingin. Iapun mempraktikkan cara membuat latte art di atasnya. Klik terus untuk melihat latte art cantik dan unik karya Gibbons!

1. Latte art dasar
Inilah latte art dasar yang berbentuk hati dan daun pakis. Untuk membuatnya, susu full fat bersuhu 60-65 C dituangkan ke dalam cangkir berisi espresso. Dengan teknik tertentu seperti menggerakkan cangkir atau wadah susu, gambar yang kita inginkan akan muncul!

2. Latte art hati

Inilah latte art bentuk hati yang lebih sempurna. Membuatnyapun agak lebih sulit. Teknik ini disebut free pouring.

3. Latte art pakis kembar

Latte art bergambar dua batang daun pakis ini juga dibuat dengan teknik free pouring. Rasanya tak tega merusak hiasan di cappuccino hangat ini dengan meminumnya.

4. Latte art bunga 3D

Wow, bunga ini tampak muncul di atas permukaan kopi! Jika gambar pada free pouring dibentuk sambil menuangkan susu, teknik bernama etching ini dilakukan dengan alat setelah susu selesai dituang.

5. Latte art matahari 3D

Buih susu di atas cappuccino freddo dijadikan kanvas tempat barista berkreasi. Biasanya bahan dan alat yang digunakan untuk 'melukis' adalah bubuk kakao, sirup cokelat, dan batang runcing. Diperlukan tangan yang stabil dan kreativitas agar hasilnya bagus.

6. Latte art bunga hitam putih 3D

Cappuccino freddo sendiri merupakan minuman kopi dingin yang dibuat dari espresso, susu segar, dan buih dari susu rendah lemak.

7. Latte art perahu dan laut 3D

Gambar apa saja bisa dibuat, termasuk perahu dan laut ini. Bagaimanapun juga, latte art membutuhkan keterampilan dan waktu yang agak lama. Diperlukan pula alat-alat yang biasanya hanya ada di kafe, seperti mesin espresso dan mesin pengocok susu agar menjadi buih.








Sumber: Detik

4 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.