Jumat, 21 Februari 2014

Mau Memotong Sayuran Seperti Chef Profesional? Perhatikan Hal Penting Ini!



Sering kali memotong sayuran juga butuh waktu. Untuk mengakalinya, Anda bisa mempelajari cara chef profesional saat memotong sayuran. Mereka melakukannya dengan cepat dan mudah. Asal sering dilatih pasti bisa!

Meski terlihat gampang, memotong sayuran perlu trik. Coba saja perhatikan hal-hal yang disarankan oleh Ifood (21/02/2014) ini agar potongan sayuran rapi dan cepat.


1. Pisau
Pemilihan pisau yang tepat akan membuat proses memotong sayuran lebih cepat dan mudah. Hindari menggunakan pisau yang terlalu kecil atau terlampau tipis. Sebaiknya pilih pisau a la chef yang sedikit berat dan mata pisaunya lebar. Dengan pisau jenis ini, bawang bombay dan wortelpun jadi lebih mudah dipotong.

2. Ketajaman
Uji ketajaman pisau dengan cara menggoreskannya hati-hati di atas ujung jari Anda. Jika pisau sudah terlalu tumpul, lebih baik tidak digunakan lagi. Pisau yang tumpul akan menghasilkan potongan sayuran yang tidak rata dan membuang waktu Anda di dapur. Tak hanya itu, tangan Anda juga berisiko terluka jika memaksakan penggunaan pisau tumpul.

3. Talenan
Hindari penggunaan talenan yang terbuat dari bambu, kaca, atau stainless steel. Permukaannya yang licin akan membahayakan keselamatan Anda saat memotong. Selain itu, ujung pisau akan tumpul lebih cepat. Sebaiknya pilih talenan model lama yang terbuat dari kayu atau plastik yang aman untuk makanan.

4. Sayuran
Jenis sayuran yang bulat, seperti wortel, mentimun, dan bawang sedikit menyulitkan saat dipotong. Untuk mengakalinya, belah sayuran menjadi dua bagian memanjang. Bagian yang rata ditempatkan sebagai penumpu, kemudian Anda bisa memotong sayuran dengan mudah.

5. Ukuran
Agar hidangan tampil cantik, pastikan potong sayuran dalam ukuran yang sama. Jika potongannya tidak seragam, bisa menyebabkan sayuran tidak matang merata. Cara tepat untuk mendapatkan potongan berukuran sama adalah dengan memotong horizontal sama tebal dan rata kemudian potong melintang.

Sumber: Detik

1 komentar:

  1. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.
    regards,


    oxone

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.