Minggu, 09 Februari 2014

Pisang Berkhasiat Redakan Stres, Kentang Bisa Sembuhkan Sakit Kepala

Mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan berbagai penyakit bisa menimbulkan efek samping. Untuk menghindarinya, memanfaatkan sajan bahan-bahan makanan yang ada di dapur sebagai penyembuh alami.


Seperti pisang yang kaya vitamin B6 sehingga mampu meredakan stres atau teh jahe untuk mengatasi masuk angin. Dilansir dari Prevention (07/02/2014), makanan berikut ini berkhasiat menyembuhkan beberapa penyakit.


1. Yogurt

Produk olahan susu yang satu ini lezat dan kaya nutrisi. Konsumsi 4 kotak yogurt tiap minggu bahkan bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.
Yogurt juga berkhasiat redakan sembelit dan gas di perut. Cukup konsumsi 1 ½ cangkir yogurt untuk melancarkan saluran pencernaan dan meningkatkan kemampuan usus dalam mencerna bahan makanan yang dapat menimbulkan gas.


2. Pisang

Buah tropis yang satu ini kaya nutrisi sehingga berkhasiat meredakan flu dan memperlancar pencernaan
Jika Anda dilanda stres, ahli gizi Molly Kimball juga menyarankan konsumsi pisang. Buah ini mengandung 14 gram gula sehingga efektif meningkatkan gula darah dalam jumlah cukup. Kandungan 30 persen vitamin B6 di dalamnya juga membantu otak memproduksi hormon serotonin yang dapat meredakan stres.


3. Tuna kalengan
Suasana hati yang buruk bisa datang kapan saja. Untuk mengatasinya, cobalah konsumsi tuna kalengan. Tiap 85 gramnya mengandung 800 mg omega 3 yang bemanfaat meredakan rasa cemas dan depresi. Asam lemak yang terkandung didalamnya juga menjadi salah satu bahan pengobatan depresi oleh American Psychiatric Association.

4. Teh jahe
Jahe sudah terkenal berkhasiat menghangatkan badan dan mencegah masuk angin. Olahannya, seperti wedang jahe juga bisa dipadukan dengan tapai dan cokelat agar semakin lezat. Bila ingin mengurangi rasa mual akibat mabuk dan hamil, konsumsi ¼ sdt bubuk jahe atau secangkir teh jahe. Peneliti meyakinkan minum jahe aman dan tidak menimbulkan efek samping.

5. Pir
satu buah pir berukuran besar mengandung 5 gram serat dalam bentuk pektin. Jenis serat ini dapat menghilangkan kolesterol jahat yang merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

6. Kubis
Senyawa kuat dalam kubis, yaitu sulforaphane berkhasiat meredakan penyakit maag, bahkan menghambat pertumbuhan tumor lambung. Kubis mengandung 34 kalori, menyediakan 3 gram serat, dan memenuhi 75 persen kebutuhan harian vitamin C.

7. Teh Chamomile
Selain mampu menghambat sel kanker, teh chamomile juga berkhasiat meredakan mulas dan rasa panas di dalam perut. Cukup tuangkan 2 sdt chamomile dalam cangkir berisi air panas sebanyak 300 ml. Tutup cangkir agar minyak esensialnya tidak hilang.

8. Kentang
Bahan makanan gurih dan mengenyangkan ini berkhasiat sembuhkan sakit kepala. Kandungan karbohidrat di dalamnya berperan meredakan ketegangan kepala dengan cara meningkatkan kadar serotonin. Perlu diperhatikan, Anda juga harus menjaga asupan lemak dan protein dibawah 2 gram agar sakit kepala lebih cepat sembuh.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.