Rabu, 26 Februari 2014

Ini Penampakan Modern Terminal Manggarai



Lain dulu, lain sekarang. Terminal Manggarai yang kumuh dan semrawut akan tinggal kenangan. Sebagai gantinya adalah terminal baru yang tampil modern.

Bangunan Terminal Manggarai yang terletak berhadapan dengan pusat belanja Pasaraya, Jl Sultan Agung, Jakarta Selatan, tampak begitu mencolok dengan bangunan utamanya yang asimetris dikelilingi Jembatan Penyeberangan Orang (JPO). Banyak yang menantikan terminal bergaya art deco ini segera diresmikan oleh Gubernur Jokowi.

Saat matahari perlahan mengarah ke ufuk barat, detikcom menjelajahi fasilitas-fasilitas yang di terminal khusus angkutan perkotaan ini, Rabu (26/2/2014). Terminal ini direncanakan akan beroperasi setelah uji coba pada 3 Maret 2014 nanti.

"Nanti tanggal 3 Maret 2014 akan dilakukan uji coba seluruh fasilitas yang ada," kata Kepala Regu Terminal Manggarai, Waluyo di kantornya, Jl Sultan Agung, Manggarai, Jakarta Selatan.

Terminal ini memiliki bangunan utama berlantai 4 yang dihubungkan dengan eskalator dan satu unit lift. Lebih jauh, berikut penampakan terminal yang mampu menampung 300 kendaraan umum itu:


1. Lantai 1

Sebelum memasuki lantai dasar atau lantai satu bangunan utama terminal, terlihat tiga jalur untuk keluar masuk angkutan umum. Namun jalur ini masih dipalangi traffic cone dan kayu.

6 Eskalator yang belum beroperasi mengarahkan ke JPO yang terhubung ke lantai dua bangunan. 3 Eskalator naik dan 3 lainnya eskalator turun.

Kemudian memasuki gedung utama lantai 1, tampak barisan 4 kursi menghadap loket dan 1 baris kursi menghadap ke arah samping loket. Satu baris kursi berwarna hitam ini bisa untuk duduk sekitar 10 calon penumpang.

Banyak kursi di lantai 1 karena digunakan sebagai ruang tunggu. Untuk menambah kenyamanan, ruangan ini dilengkapi dengan kipas angin dan pendingin ruangan.


2. Lantai 2

Menapaki tangga eskalator yang belum dioperasikan menuju lantai 2, maka tampak ruangan kosong yang akan digunakan untuk foodcourt. Lalu di salah satu sudut terpampang sebuah ruangan dengan papan bertuliskan musala.

Uniknya, lantai ini tersambung dengan JPO dan memperlihatkan lintangan jembatan-jembatan. Seolah-olah jembatan melilit gedung utama terminal. Jembatan-jembatan ini juga berhubungan dengan lantai 3 dan lantai 1.

Selain itu, jembatan juga mengarah ke pintu masuk dan pintu keluar kendaraan umum. Sehingga penumpang yang turun maupun hendak menaiki angkutan umum tak perlu menunggu di tengah terik matahari.


3. Lantai 3

Di lantai ini juga tak jauh berbeda dengan dua lantai sebelumnya. Namun telah digunakan oleh para pengelola terminal sebagai kantor operasional mereka.

Walau belum diresmikan dan dioperasikan, lantai 3 memang telah digunakan untuk aktivitas pengelola. Namun ada beberapa ruangan yang masih tampak kosong.

Ruangan yang kosong itu rencananya akan digunakan untuk minimarket dan ATM Centre. "Jadi bangunan terminal yang baru digunakan itu ruangan kantor," kata Waluyo, Rabu (26/2) siang.


4. Lantai 4

Lantai terakhir bangunan Terminal Manggarai ini menawarkan pemandangan kesibukan lalu lintas sekitar terminal. Selain itu, lantai teratas ini digunakan untuk kontrol keluar masuk kendaraan saat dioperasikan nanti.

Akan tetapi, saat ini lantai 4 belum digunakan untuk kontrol tersebut karena belum ada kendaraan umum yang masuk ke dalam terminal. Di ruangan teratas ini juga disediakan kipas angin yang menempel di beberapa pilar bangunan.

Pengunjung atau calon penumpang juga dapat menikmati langit Jakarta melalui koridor yang ada hampir di setiap lantai bangunan. Walau asap knalpot dan pekikan klakson kendaraan akan meramaikan stasiun ini nantinya.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.