Sabtu, 08 Maret 2014

5 Cara Ini untuk Kurangi Konsumsi Makanan Kemasan



Makanan kemasan tak baik dikonsumsi terlalu sering. Karena umumnya memakai pengawet, pemanis, dan penyedap rasa. Kini makin banyak orang menghindarinya. Lakukan cara praktis untuk mengurangi konsumsi makanan kemasan.

Kalau tak bisa menghindari sama sekali, setidaknya Anda bisa mengurangi konsumsi makanan kemasan dengan langkah sederhana ini.


1. Carilah Buah dan Sayur Alami
Carilah buah atau sayuran segar di pasar tradisional karena banyak produk segar tanpa kemasan yang dijual. Pilih sayuran dan buah paling segar yang umumnya harganya lebih murah daripada supermarket.

2. Belilah wadah kedap udara
Belilah wadah-wadah kedap udara besar dalam yang dapat memuat banyak bahan makanan mentah yang segar. Beras, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering bisa disimpan lama. Makanan lebih awet dan tetap segar. Selain itu juga lebih hemat karena tak harus berulangkali membeli makanan.

3. Air Masak
Belilah termos minum yang terbuat dari bahan kaca atau teko berbahan stainless steel yang aman dan tahan terkena panas. Simpanlah air di dalam wadah-wadah tersebut,karena wadah tersebut jauh lebih aman daripada air dalam kemasan plastik.

4. Beli sayuran dalam pot
Tahukah Anda apabila sayuran yang masih tertanam dalam tanah adalah sayuran yang paling segar? Tak perlu lahan yang besar, pot-pot kecil pun bisa efektif memproduksi kebutuhan setiap rumah tangga. Jika Anda membeli sayuran di supermarket,sudah dapat dipastikan sayuran tersebut tidak paling segar. Kini banyak dijual sayuran dan rempah dalam pot.

5. Berkreasi di Dapur
Tak perlu keahlian khusus, sediakan waktu sedikit saja untuk bereksperimen di dapur. Banyak resep-resp bisa didapat di internet. Selain berhemat dan sehat, Anda juga dapat melakukannya bersama anggota keluarga sebagai rekreasi.

Sumber: Detik

1 komentar:

  1. Terimakasih... Konsumsi makanan berlebih juga tidak apa, asal perhatikan Kemasan Makanan yg digunakan oleh makanan tersebut. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.