Kamis, 27 Maret 2014

Perhatikan Informasi Ini Saat Anda Membaca Label Makanan Kemasan



Label makanan kemasan dibuat untuk memudahkan dalam memilih makanan yang lebih sehat. Sebelum membeli, sebaiknya biasakan untuk membaca label. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membaca info label.


Banyak istilah dalam industri makanan yang tertulis pada label. Seperti yang dirangkum Women Health Magazine (27/03/2014), beberapa informasi ini perlu dipahami dengan baik agar tak salah beli.


1. Made with
Jika dalam sebuah kemasan tertulis 'terbuat dari buah asli', cek label nutrisi yang tertera di bagian belakang kemasan, terutama informasi kandungan vitaminnya.

2. Natural

Ada beberapa orang yang mengartikan alami itu berarti tidak melalui proses pemasakan. Padahal maksudnya adalah makanan tersebut tidak dibuat dengan kandungan zat pewarna, perasa buatan, atau zat sintetis lainnya.


Karena pada kenyataannya banyak perusahaan yang masih membuat makanan dengan pewarna dan juga pengawet. Sulit untuk menentukan produk makanan yang alami karena makanan ini kemungkinan besar telah mengalami proses pengolahan dan tak lagi benar-benar alami.


3. Low , light, reduced
Berarti mengandung sedikit kalori, lemak, dan natrium. Artinya produk ini memiliki kandungan kalori lebih sedikit dari versi aslinya. Sementara itu produsen diperbolehkan membuat produk tersebut 'low' jika mereka memiliki 25 persen lebih sedikit dari makanan aslinya. Akan tetapi jika perusahaan menghilangkan lemak dan garam dari makanan, mereka sering mengganti dengan gula atau zat aditif agar tetap enak rasanya.

4. Free
Sugar free berarti tidak mengandung gula dalam makanan atau minuman. Ternyata di dunia makanan kemasan dengan label 'free' atau 'less' mengandung kalori sebesar 5 kkal, 0,5 gr lemak, 5 mg sodium atau 0,5 gr gula dalam satu porsi. Untuk makanan atau minuman yang sugar free biasanya memakai gula buatan seperti sakarin yang mengandung sedikit sekali kalorinya.

5. Tinggi serat
Untuk makanan yang diberi label tinggi serat harus mengandung 5 gram serat atau lebih dalam satu porsi. Agar lebih yakin apakah makanan benar-benar mengandung serat alami atau tidak sebaiknya pilih makanan yang memang mengandung banyak serat seperti makanan yang berbahan dasar kacang-kacangan.

Sumber: Detik

1 komentar:

  1. Seringkali kemasan atau Box Makanan digunakan untuk menarik perhatian pelanggan.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.