Selasa, 25 Maret 2014

Renyah Gurih Pisang Goreng dan Tahu Sumedang, Gorengan Favorit Sepanjang Hari



Gorengan merupakan salah satu jajanan kaki lima paling favorit Variasi beragam, mudah ditemukan dan harga yang murah membuat gorengan menjadi primadona. Jenis tak terbatas pada pisang dan tahu goreng saja.

Pisang goreng, singkong dan ubi goreng merupakan camilan klasik yang bisa dinikmati kapan saja. Gurih enak karena umumnya baru digoreng hingga rasanya enak. Di antara gorengan ini mana favorit Anda?


1. Singkong Keju

Singkong keju adalah singkong yang dibalut dengan adonan keju sebelum digoreng. Cara pembuatannya relatif mudah. Singkong pertama digoreng setengah matang, kemudian direndam dalam adonan keju berbumbu hingga meresap. Terakhir, singkong berbalut keju kembali digoreng untuk kedua kalinya. Hasil ini membuat keju jadi renyah dan gurih.

Meski namanya singkong keju, biasanya pembeli bisa meminta tambahan rasa lain seperti susu, bbq, balado sampai coklat. Jajanan ini banyak ditemui di Jakarta, Yogyakarta dan Bandung. Satu boks singkong keju berkisar antara Rp 5.000 – Rp 10.000.


2. Lumpia
Lumpia yang khas berasal dari Semarang. Diisi rebung, udang, dan telur. Ada yang basah dan ada yang digoreng. Biasanya dijual dengan kisaran Rp 7000 – Rp 10.000 per buah. Selain Lumpia Semarang, gorengan kaki lima juga menjual lumpia. Biasanya lumpia jenis ini hanya berisi irisan bengkuang dan sedikit wortel dan dimakan dengan saus kacang.

3. Batagor
Bakso tahu goreng ini berasal dari Bandung. Tahu diisi adonan tenggiri dan tepung tapioka kemudian digoreng dalam minyak panas. Disajikan dengan saus kacang, kecap manis, saus sambal dan jeruk limau. Karena pembuatan batagor dan siomay mirip, biasanya pedagang batagor juga menjual siomay.

4. Pisang Goreng
Pisang goreng merupakan gorengan yang paling gampang dibuat. Potongan pisang diberi lapisan adonan tepung terigu dan air. Pisang goreng banyak variasi. Seperti pisang molen yang bentuknya kecil dan dibalut lilitan adonan tipis, pisang goreng pontianak yang berlapisan adonan tepung beras yang keriting seperti kremesan serta pisang goreng madu dengan citarasa manis.

5. Gandasturi
Gandasturi terbuat dari kacang hijau yang dihaluskan bersama gula. Dibentuk bundar pipih dan dilapisi adonan tepung lalu digoreng. Renyah luarnya, manis empuk bagian dalamnya. Biasanya dijual bersama singkong dan pisang goreng.

6. Onde-onde
Onde-onde merupakan salah satu jenis jajan pasar. Rasa gurih wijen di bagian luar dan manis legit adonan kacang hijau di bagian dalam membuat rasanya unik. Kini banyak kios mini onde-onde Banyumas yang menjual onde-onde dalam kemasan karton yang bersih. Penjaja keliling di pinggir jalan dan di lampu merah juga menjual onde-onde.

7. Cakwe

Cakwe umumnya dijual bersama kue bantal. Cakwe dibuat dari adonan terigu dan digoreng kering. Dimakan dengan saus cabai cuka. Sedangkan kue bantal berbentuk segi empat dengan rasa manis.
Cakwe enak dimakan begitu saja atau dijadikan topping bubur. Penjaja cakwe khas Medan banyak terdapat di pusat keramaian. Umumnya cakwe dijual dalam keadaan panas karena jika dingin akan liat rasanya.


8. Tahu Sumedang
Tahu Sumedang, tahu dari kota Sumedang ini berbentuk kotak-kotak kecil dengan citarasa gurih dan kulit renyah. Tahu ini bagian luarnya renyah dan dalamnya lembut gurih. Tahu ini nikmat dimakan dengan cabai rawit hijau. Yang asli dikemas dalam keranjang anyaman bambu. Umumnya dijual bersama buras atau lontong gurih. Dijajakan di mobil, gerobak, warung hingga penjual keliling.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.