Minggu, 16 Februari 2014

Memotret Hidangan Melanggar Hak Kekayaan Intelektual Chef?

thumbnail


Memotret hidangan dan mengunggahnya ke media sosial kini menjadi pemandangan umum di restoran. Sebenarnya, hal ini membantu mempromosikan hidangan dan tempat makan tersebut kepada masyarakat luas. Namun, dua chef Prancis justru menjadi kesal dibuatnya.

Gilles Goujon yang mengelola restoran berbintang tiga Michelin, L'Auberge du Vieux Puits di selatan Prancis, berpendapat bahwa memotret makanan adalah etiket yang buruk.

"Jika orang-orang memotret hidangan dan mengunggahnya ke jejaring sosial, unsur kejutannya jadi hilang. Hal ini juga mengganggu kekayaan intelektual saya karena (kreasi hidangan saya) jadi bisa ditiru (orang lain)," ujar Goujon kepada situs France TV Info (13/02/2014).

Selain Goujon, Alexandre Gauthier dari restoran Grenouillere di utara Prancis, mencantumkan logo 'no camera' di menunya meski fotografi tak benar-benar dilarang di sana.

"Sebelumnya orang-orang memfoto keluarga... Kini kita memotret makanan. Sebenarnya hal ini menyenangkan, namun restoran kami seperti rumah dengan sedikit pencahayaan. Jadi Anda memerlukan lampu kilat (yang mengganggu pelanggan lain)," kata Gauthier.

Iapun mengeluhkan bahwa orang-orang sibuk mengunggah foto makanan ke Twitter, mengklik 'like', dan menjawab komentar sehingga makanannya menjadi dingin. "Kami mencoba menciptakan jeda di kehidupan pelanggan kami. Untuk itu, Anda perlu mematikan telepon genggam," ujar Gauthier.

Tak hanya di Prancis. Di New York, Amerika Serikat, beberapa chefpun mengritik perilaku beberapa pelanggan yang sampai berdiri di atas kursi untuk mengambil foto terbaik. Mereka juga menggunakan lampu kilat dan tripod di restoran yang penuh. Akibatnya, beberapa restoran melarang pelanggannya memfoto.

"Banyak orang yang melakukan itu. Susah melarang mereka. Saya ingin menulis kalimat di menu, tapi saya belum menemukan formula yang tepat dan tak membuat syok," pungkas Goujon.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.