Selasa, 29 April 2014

Ngemil 6 Buah Kerupuk Setara dengan Konsumsi Dua Setengah Porsi Nasi?

thumbnail


Sensasi kriuk garing di mulut, membuat orang tak bisa berhenti mengunyahnya. Selain dapat disantap sebagai teman makan kadang-kadang kerupuk juga justru dijadikan camilan karena rasanya gurih dan renyah.

Kerupuk terbuat dari tepung tapioka atau tepung kanji serta bumbu seperti garam, gula, bawang dan vetsin. Ada juga beberapa jenis kerupuk yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti ikan, sayuran ataupun umbi-umbian.

Dalam 100 gr kerupuk aci atau 6 buah mengandung 476 kalori, 0,1 gr protein, 21,1 gr lemak dan 71,3 gr karbohidrat. Akan tetapi biasanya kita sering mengonsumsi kerupuk aci yang biasanya dijual dalam kalengan berbentuk bulat yang biasanya disebut dengan kerupuk uyel.

Dalam satu bulat kerupuk tersebut memiliki berat sekitar 15 gr jika dikonversikan maka kandungan nya adalah 71,4 kalori, 0,015 gr protein, 3,3 gr lemak dan 10,6 gr karbohidrat.

Menurut studi dilakukan oleh Harvard School of Public Health (29/04/2014), dalam kelompok studi besar yang terdiri dari 37.000 responden pria dan wanita. Ternyata orang yang memiliki gen obesitas dapat mengalami risiko kegemukan saat mengonsumsi gorengan dalam jumlah banyak.

Harvard Medical School,melakukan penelitian yang melibatkan sebanyak 14.355 anak dengan usia 9-14 tahun. Diketahui mereka memiliki tingkat aktivitas dan kebiasaan makan yang berbeda baik di rumah ataupun di luar rumah.

Hasilnya anak-anak yang senang mengonsumsi gorengan memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi gorengan. Hal ini dikarenakan minyak goreng yang dikonsumsi dapat meningkatkan jumlah kalori, lemak jenuh dan lemak trans.

Dari kedua penelitian tersebut, makanan yang digoreng memang memiliki dampak buruk bagi kesehatan seperti obesitas. Mengonsumsi kerupuk boleh-boleh saja asalkan dalam jumlah yang wajar. Jangan sekali-kali menjadikan kerupuk sebagai camilan. Hal ini dapat memicu konsumsi berlebihan.

Jika dibandingkan antara konsumsi kerupuk dengan nasi, konsumsi kerupuk sekitar 100 gr atau sekitar 6 buah kerupuk akan sama dengan konsumsi dua setengah porsi nasi putih. Pasalnya dalam 100 gr nasi putih hanya mengandung kalori sekitar 175 gr.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.