Kamis, 24 April 2014

Sungai-sungai Paling Asyik untuk Arung Jeram di Indonesia

Kegiatan paling asyik dilakukan di sungai saat traveling adalah bermain arung jeram. Bersyukurlah, Indonesia punya banyak sungai untuk arung jeram dari Aceh sampai Pulau Sulawesi. Tinggal pilih!


Traveler yang doyan menguji nyali, biasanya menghabiskan waktu liburan ke sungai dengan bermain arung jeram. Di atas perahu karet, keseimbangan, kekompakan tim dan stamina yang kuat harus dimaksimalkan agar tidak tercebur ke dalam sungai.

Asyiknya, Anda tak perlu bingung mencari sungai-sungai untuk arung jeram. Indonesia punya banyak sungai yang menarik untuk olahraga yang satu ini. Apalagi, sudah banyak operator tur minat khusus yang menawarkan paket wisata arung jeram. Berikut 6 sungai yang jadi lokasi arung jeram favorit di Indonesia:


 1. Sungai Alas, Aceh

Dimulai dari provinsi paling barat Indonesia, Aceh punya Sungai Alas yang terkenal gahar. Banyak yang bilang, kalau Sungai Alas adalah lokasi arung jeram bagi traveler yang pemberani karena medannya cukup sulit. Tingkat kesulitan arung jeram atau grade di Sungai Alas adalah 3-4.

Artinya, riam atau aliran air Sungai Alas punya gelombang yang tak terduga. Ditambah, aliran arus sungainya cukup deras dan dibutuhkan manuver untuk menyeimbangkan perahu karet. Stamina, nyali, dan insting yang kuat, adalah syarat mutlak agar Anda bisa arung jeram menaklukan Sungai Alas.

Bagi pemula, pengarungan Sungai Alas dimulai dari Muarasitulan di Kota Kutacane hingga Kota Gelombang. Sedangkan untuk yang profesional, petualangan  bisa mengambil rute yang lebih jauh, yaitu mulai dari Angusan dekat Blangkejeran.

Sungai Alas berada di Taman Nasional Gunung Leuser, atau berjarak 165 km tenggara dari Takengon. Beberapa operator tur yang menyediakan paket wisata arung jeram Sungai Alas seperti Rapidplus.


 2. Sungai Citarik, Jawa Barat

Sungai yang terkenal untuk lokasi arung jeram dan jadi favorit traveler Jakarta adalah Sungai Citarik di Taman Nasional Gunung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat. Sungai ini punya grade 1-4, yang artinya bisa dicoba untuk pemula atau traveler yang sudah mahir bermain arung jeram.

Ada perjalanan yang menghabiskan waktu dari 1 jam dengan jarak hanya 5 km, hingga menghabiskan waktu 4 jam dengan jarak 17 km. Anda bisa memilih sesuai kocek dan stamina. Jalur dengan bebatuan besar menjadi ciri khas dari Sungai Citarik. Asyiknya, di beberapa lokasi ada air terjun yang bisa jadi tempat beristirahat.

Ada banyak operator tur yang menawarkan paket wisata arung jeram ke Sungai Citarik, seperti Arus Liar, Caldera, dan Riam Jeram. Anda pun bisa mengisi libur akhir pekan kali ini bersama teman-teman kantor dengan bermain arung jeram di Sungai Citarik. Seru-seruan bareng yuk!


 3. Sungai Elo, Jawa Tengah

Magelang di Jawa Tengah tak hanya terkenal dengan Candi Borobudur saja. Di Magelang juga ada Sungai Elo, tempatnya traveler menguji adrenalin dengan arung jeram.

Sungai Elo berada di Desa Blondo, Kabupaten Magelang dan dekat dengan Candi Borobudur, atau sekitar 40 menit dari Kota Yogya. Meski Sungai Elo sering didatangi para pemula, tapi Anda harus tetap waspada. Sungai Elo punya grade 2-4, yang mana tingkat kesulitannya cukup berat. Struktur sungai yang cukup miring dan jeramnya yang cukup deras, membuat Anda harus ekstra hati-hati.

Arung jeram di Sungai Elo bisa menghabiskan waktu 2 sampai 3 jam. Beberapa operator tur yang menawarkan paket wisata arung jeram di Sungai Elo seperti CitraElo Rafting, Magelang Arung Jeram, Gama Wisata, atau Sabana Rafting.


 4. Sungai Loksado, Kalimantan Selatan

Kalau biasanya arung jeram menggunakan perahu karet, maka beda cerita dengan arung jeram di Sungai Loksado, Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Di sini Anda akan bermain arung jeram dengan menggunakan bambu alias bamboo rafting!

Bamboo rafting terdiri dari 10-20 batang bambu yang diikat dengan kuat sampai menjadi rakit dan hanya boleh dinaiki oleh 3-4 orang, termasuk joki. Bambu yang digunakan adalah bambu yang berada di hutan Loksado. Selama 2 jam, Anda akan mengarungi Sungai Loksado dengan menaiki kumpulan batang bambu tersebut. Sensasinya lebih deg-degan daripada arung jeram yang lainnya.

Anda harus menjaga keseimbangan di atas bambu atau terhindar dari cipratan air yang dingin. Arus yang kuat akan mengguncang badan Anda, sedangkan bebatuan besar jadi tantangan yang harus dilewati.

Anda bisa langsung datang ke Loksado untuk mencoba arung jeram yang unik ini. Kalau tak mau repot, ada operator tur yang menawarkan paket wisata arung jeram ke Sungai Loksado seperti Ramasindo tour, DAL Adventure, atau Safari Nusantara.


 5. Sungai Ayung, Bali

Kata siapa Bali hanya punya deretan pantai saja? Di Pulau Dewata terdapat Sungai Ayung yang jadi favorit turis dalam dan luar negeri untuk bermain arung jeram. Sungai Ayung berada di daerah Desa Payangan, Ubud adalah tempatnya turis menguji nyali di Bali.

Arung jeram di Sungai Ayung, dimulai dari daerah Payangan dan berakhir di Desa Kedewatan. Panjang aliran sungai yang Anda lalui sekitar 12 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan 2 jam. Tingkat kesulitan di Sungai Ayung adalah grade 2-3 yang aman untuk anak-anak. Beberapa titik aliran sungainya cukup tenang, namun di beberapa titik arus airnya cukup deras.

Uniknya, di beberapa titik-titik tertentu Anda dapat melihat pahatan-pahatan tebing yang indah dan besar karya seniman Ubud. Berminat? Silakan pilih operator tur seperti Rafting di Bali, Dekadi Tour, atau Ayung Rafting.


 6. Sungai Nimanga, Sulawesi Utara

Jalan-jalan ke Sulawesi Utara, Anda bisa seru-seruan arung jeram di Sungai Nimanga. Sungai ini tepatnya berlokasi di Desa Timbukar, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Tingak kesulitan atau grade Sungai Nimanga adalah 3-5. Tak heran, Sungai Nimanga memang memiliki jeram yang menantang. Jeram merupakan air terjun di aliran sungai yang terjadi karena adanya perbedaan kontur dasar sungai. Siap-siap berteriak sekencangnya, karena ada jeram setinggi 4 meter di Sungai Nimanga!

Kegiatan arung jeram di Sungai Nimanga bisa menghabiskan waktu 5 jam lamanya. Beberapa operatour tur di Minahasa atau di Manado menyediakan paket wisata arung jeram Sungai Nimanga, seperti Flowers Lane atau Paket Wisata Bunaken.


Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.