Rabu, 02 April 2014

Tips Tawar-menawar Gaji Saat Melamar Kerja



Wanita dianggap paling jarang menegosiasikan gaji awal mereka. Kebanyakan wanita dianggap tidak tahu bagaimana menegosiasikan gaji untuk pekerjaan barunya.

Dikutip dari Forbes, Rabu (1/4/2014), para pria yang bekerja sebagai eksekutif menyatakan, menjadi negosiator adalah kunci sukses untuk membuat karir menanjak.

Sayang memang karena banyak wanita yang tidak nyaman dengan ide bernegosiasi. Namun berita baiknya, meski banyak orang yang mempunyai kemampuan natural untuk bernegosiasi, namun orang yang tidak mempunyai kemampuan itu bisa belajar. Hanya butuh sedikit riset dan latihan.

Bernegosiasi hanya butuh pendekatan sederhana seperti berinteraksi dengan orang lain. Berikut 8 tips untuk menegosiasikan gaji anda seperti dikutip dari Forbes.


Mengerti Pekerjaan dengan Penuh


Sebagai seorang pelamar, anda harus tahu soal tanggung jawab, kebutuhan, dan harapan dari posisi yang anda inginkan.

Pelajari Perusahaan yang Anda Bidik


Pastikan anda bisa mengerti bagaimana perusahaan yang ingin anda tuju menilai soal kinerja karyawannya. Lalu bagaimana karyawan bisa memperoleh promosi jabatan dan kenaikan gajinya. (Anda bisa melakukan diskusi dengan orang personalia yang menelepon Anda).

Persenjatakan Diri Anda dengan Informasi Soal Gaji


Luangkan waktu anda untuk melakukan riset, guna mengetahui berapa gaji rata-rata dan kisaran gaji dari profesi yang sama dengan pekerjaan yang anda incar. Banyak situs-situs di internet yang menyediakan informasi soal gaji, dan standarnya.

Ketahui Kekuatan dan Kelebihan Anda


Apa yang membuat anda istimewa dan unik dibandingkan orang lain? Buatlah sebuah analisa untuk mengetahui kelebihan dan skil istimewa, atau bahkan pengalaman anda, yang membuat anda bakal menjadi karyawan berharga. Pastikan keunggulan anda bisa menjadi modal untuk menegosiasikan gaji yang lebih tinggi.

Putuskan Gaji Kisaran Gaji yang Pantas


Berdasarkan riset dari pekerjaan yang sama di industri yang sama, anda bisa memutuskan kisaran gaji yang pantas untuk pekerjaan yang anda incar. Targetkan berapa kisaran gaji yang anda ajukan.

Gaji Minimal Juga Harus Dipikirkan


Setelah memutuskan gaji yang diincar dan kisaran yang pantas, pikirkan berapa gaji minimal yang akan anda terima dan kenapa anda bisa menerima besaran gaji tersebut. Ini bisa menjadi bahan diskusi dengan manajer personalia yang anda hadapi.

Latih Kemampuan Negosiasi Anda


Mintalah kepada teman atau anggota keluarga Anda untuk berperan sebagai manajer personalia yang menawarkan gaji lebih rendah dari yang anda minta. Latihlah apa yang akan Anda argumentasikan dan cobalah meyakinkan manajer tersebut untuk menaikkan gaji Anda.

Sumber: Detik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.