Sabtu, 26 Oktober 2013

Wanita Lebih Pandai Multitasking Ketimbang Pria, Ini Buktinya



Pria mungkin memang lebih pandai membaca peta atau fokus melakukan aktivitas tertentu. Namun jika suatu ketika Anda kehilangan kunci mobil atau barang-barang berukuran kecil lainnya, serahkan saja pencariannya pada istri Anda.

Menurut sebuah studi, kuncinya terletak pada fakta yang baru saja mereka temukan, yaitu para wanita lebih pandai melakukan multitasking ketimbang pria, terutama dalam hal mencari barang-barang yang hilang atau terselip. Dengan kata lain, wanita lebih pandai dalam hal membantu Anda mencari kunci mobil meski harus disambi dengan mengurusi sarapan anak dan menggosok gigi atau menyisir rambutnya.

Dalam istilah ilmiahnya, tim peneliti gabungan dari Glasgow, Leeds dan Hertfordshire University ini sepakat jika wanita memiliki 'kemampuan superior dalam melakukan berbagai hal yang membutuhkan kendali kognitif tingkat tinggi'. Demikian dikutip dari Daily Mail, Sabtu (26/10/2013).

Hal ini telah mereka buktikan dengan 'mengadu' sejumlah partisipan pria dan wanita dalam dua percobaan yang dirancang untuk mensimulasikan situasi di kehidupan nyata, di mana orang-orang kerap dipaksa untuk multitasking.

Pada percobaan pertama, seluruh partisipan diminta memainkan sebuah permainan komputer yang membutuhkan perubahan perhatian yang cepat. Semakin lama performa partisipan pria maupun wanita sama-sama mengalami perlambatan, namun partisipan wanita tampak tak selambat pria. Peneliti menduga wanita menganggap multitasking itu lebih mudah.

Kemudian dalam percobaan kedua, partisipan hanya diberi waktu delapan menit untuk menyelesaikan sejumlah soal matematika, mencari sebuah restauran dari peta yang disediakan dan menggambar rute yang akan mereka ambil jika diminta mencari segepok kunci yang hilang di suatu tempat.

Kesemua partisipan juga didistraksi dengan suara telepon berdering dan diminta menjawab sejumlah pertanyaan tentang pengetahuan umum ketika tengah melaksanakan tugas dari peneliti. Hasilnya, kedua partisipan terbukti dapat mengerjakan semua tugas dengan baik, terutama saat mencari kunci, meski peneliti menilai rencana yang disusun partisipan wanita jauh lebih superior ketimbang yang dibikin partisipan pria.



Peneliti mengungkapkan aktivitas mencari kunci dapat dilihat sebagai salah satu indikator seberapa pandai seseorang dalam menyusun rencana strategis. Untuk itu dari kedua percobaan di atas diketahui baik pria maupun wanita sama-sama pandai menyusun rencana, namun jika itu merupakan satu-satunya hal yang harus mereka lakukan.

Namun kemampuan pria untuk menyusun rencana pencarian justru jadi berantakan ketika dibebani oleh multitasking. Peneliti pun sepakat tampaknya kemampuan ini telah berakar dalam diri wanita sejak lama, jauh sebelum evolusi terjadi.

"Di zaman batu, pria mungkin lebih sering keluar rumah dan berburu makanan, sedangkan istrinya berdiam di rumah dan melakukan banyak aktivitas seperti mengurus anak sembari mengumpulkan jamur atau buah-buahan, memperbaiki sesuatu dan membuat perangkat dari batu," terang ketua tim peneliti Gijsbert Stoet dari Glasgow University. Untuk itulah pria lebih terbiasa hanya fokus pada satu hal.

Dengan temuan ini Dr. Stoet dan rekan-rekannya juga berharap menemukan titik terang mengapa para pria lebih sering menderita gangguan perhatian dibandingkan wanita. Bisa jadi jawabannya ada pada studi ini.


Sumber: Detik 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.