Sabtu, 19 Oktober 2013

Tujuh Cara Meminimalkan Biaya Pesta Pernikahan



Sepasang kekasih di Skotlandia, seniman Georgina Porteus (36) dan penyanyi sekaligus pencipta lagu Sid Innes (39) hanya mengeluarkan uang 1,56 dolar (setara Rp17 ribu) untuk resepsi pernikahan mereka. Ya, Anda tidak salah baca. Pasangan tersebut suka mendaur ulang barang dan memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, menurut harian Inggris Metro News, sehingga keduanya bersumpah menggelar pesta pernikahan sesederhana mungkin. 

Lalu bagaimana caranya pasangan ini menggelar pesta pernikahan yang dihadiri 70 orang tamu dengan anggaran sekecil itu? Porteous dan Innes mengatakan mereka menggelar pesta pernikahan di garasi yang berada di belakang rumah mereka. Porteus menghabiskan 1,56 dolar (setara Rp17 ribu) untuk sebuah gaun pengantin antik yang ia temukan di freecycle.org, sebuah jaringan untuk bertukar barang dan memberikan hadiah, sementara Innes mengenakan jas yang sudah dimilikinya sejak dulu. Cincin pernikahan mereka dibuat sendiri oleh Porteus menggunakan tanduk rusa yang ia temukan di kebunnya. Ibunya memimpin resepsi pernikahan keduanya dan seorang pendeta setempat memberikan layanan secara gratis agar pernikahan mereka sah. 

Untuk resepsi, aula pernikahan dihiasi dengan bunga-bunga yang ditanam sendiri, tumpukan jerami, dan lentera yang diberikan oleh para petani setempat. Pasangan pengantin baru tersebut meminta para tamu untuk membawa makanan dan minuman untuk piknik yang sederhana dan bibi Porteus membuat kue pernikahan mereka. Fotografer pernikahan yang memotret perayaan tersebut menukar jasanya dengan editan film dari Porteus. Dan musik yang mengiringi jalannya pesta pernikahan berasal dari ayah mempelai perempuan, yang memainkan musik jazz menggunakan saksofon.

“Kami berpikir kami akan melangsungkan pesta pernikahan secara berbeda  dan kami mulai menjadi terobsesi dengan hal ini dan kiat-kiat untuk menghemat uang. Ini sangat luar biasa, menyenangkan, dan menantang,” ujar Innes dalam sebuah video di YouTube. 

Meskipun tindakan penghematan yang Innes dan Porteus lakukan untuk pernikahan mereka terkesan amat ekstrem dan kebanyakan dari kita pasti tidak mau mengikuti, ada banyak cara untuk menggelar pesta pernikahan dengan anggaran yang minim. Berikut ini beberapa tip dan trik untuk menggelar pesta pernikahan yang murah. 

1. Gaun - Jika Anda tidak memiliki sahabat atau keluarga yang dapat meminjami Anda gaun pernikahan mereka, ada banyak situs yang menjual gaun pernikahan bekas. Jika Anda beruntung, Anda bahkan bisa mendapatkan keuntungan jika Anda menjual kembali gaun pernikahan Anda. Toko online, forum jual beli, eBay, dan situs belanja online lainnya juga merupakan pilihan yang bagus. 

2. Cincin - Tidak semua orang semahir Porteus dalam membuat cincin, namun website seperti Etsy.com memiliki banyak pengrajin dengan keterampilan yang serupa dan menawarkan alternatif yang terjangkau seperti cincin kawin emas dan perak. Untuk menghemat biaya Anda dapat membeli cincin logam berlapis titanium dan emas yang terlihat seperti cincin emas dan perak sungguhan.

3. Bunga - Bunga dan dekorasi adalah salah satu pos pengeluaran besar untuk pesta pernikahan. Untuk menghematnya, pilih bunga berukuran besar sehingga Anda hanya akan membutuhkan lebih sedikit.  "Jika Anda mendekorasi aula dengan bunga mawar, Anda membutuhkan lebih banyak bunga,” ujar Tracy Taylor Ward, pemilik dan desainer Tracy Taylor Ward Design.

4. Gedung - Dapat menggelar pesta pernikahan di rumah Anda sendiri atau di kediaman sahabat atau saudara Anda merupakan cara termurah, namun bagi Anda yang menginginkan lokasi yang berbeda, ada beberapa trik untuk menghemat biaya. Harga aula pesta pernikahan berbeda pada setiap musim, sehingga jika Anda mendapatakan tempat pada musim yang tidak terlalu ramai, harganya akan menjadi lebih murah dibandingkan periode puncak atau dapat ditawar karena pada periode tersebut bisnis tidak terlalu ramai. Hindari hari libur karena harga cenderung meroket. Selain itu, menggelar pesta pernikahan pada Jumat atau Minggu sedikit lebih murah dibandingkan Sabtu.

5. Makanan - "Jika tak mau menghabiskan terlalu banyak uang untuk makanan, hindari memesan makanan restoran atau prasmanan," ujar Ward. Sediakan saja makanan yang ringan dalam berbagai macam pilihan.

6. Kue pernikahan - Pesanlah kue yang berukuran lebih kecil, karena toh kue pengantin tak akan dibagi-bagi ke seluruh tamu. Atau jika Anda menganggap prosesi potong kue sudah ketinggalan zaman, tak ada salahnya tak memesan kue pengantin sama sekali. 

7. Undangan - Ini tahun 2013. Kemungkinan besar semua tamu undangan Anda punya email. Ada banyak website yang menyediakan desain cantik untuk berbagai kartu undangan yang bisa Anda kirim melalui email. Teman-teman dan keluarga dekat Anda tidak akan keberatan, karena jika mereka memang peduli pada Anda, mereka akan datang ke pernikahan Anda meskipun undangannya bukan berupa kertas mewah berpita.


Sumber: Yahoo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.